Daftar Isi:
  • Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu berkenaan dengan pemahaman anak didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik. Keberhasilan kegiatan belajar bukan hanya ditentukan oleh faktor intelektual, tetapi juga faktor nonintelektual, termasuk salah satunya minat. Peranan minat adalah dalam hal membangkitkan gairah, rasa senang, suka dan semangat untuk belajar. Bisa dikatakan bahwa adanya minat dalam pembelajaran akan mempengaruhi keberhasilan peserta didik. Dengan latar belakang tersebut maka penulis mengemukakan permasalahannya adalah bagaiman kemampuan pedagogik guru SMP Islam An-Nur Kec. Blado Kab. Batang? Bagaimana minat belajar siswa SMP Islam An-Nur Kec. Blado Kab. Batang? Bagaimana pengaruh kemampuan pedagogik guru terhadap minat belajar siswa SMP Islam An-Nur Kec. Blado Kab. Batang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pedagogik guru pengaruhnya terhadap minat belajar pada siswa SMP Islam An-Nur Kec. Blado Kab. Batang, untuk mengetahui minat belajar pada siswa SMP Islam An-Nur Kec. Blado Kab. Batang, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan pedagogik guru terhadap minat belajar sisw SMP Islam An-Nur Kec. Blado Kab. Batang. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam An-Nur Kec. Blado Kab. Batang tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah 87 siswa. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah variabel X (kemampuan pedagogik guru) dan Variabel Y (minat belajar siswa). Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunderMetode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis data menggunakan metode statistik regresi. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan pedagogik guru di SMP Islam An-Nur Kec. Blado Kab. Batang tergolong sangat cukup, ini didasarkan pada nilai rata-rata 57 yang berada pada interval 57 – 60. Begitu juga minat belajar siswa di SMP Islam An-Nur Kec. Blado Kab.Batang tergolong sangat cukup. Ini didasarkan pada nilai rata-rata 55 yang berada pada interval 52 – 57. Dari hasil hipotesis, menunjukan bahwa rxy lebih besar dari pada rt 5% maupun 1% = rxy > rt 5% dan 1% = 0,360 ≥ 0,215 ≥ 0.279 sedangkan dari hasil Freg menunjukkan bahwa Freg lebih besar dari pada Ft 5% maupun 1% = Freg > Ft 5% dan 1% = 12,234 ≥ 3.957 ≥ 6.954 yang berarti bahwa ada pengaruh yang sangat cukup antara kemampuan pedagogik guru dan minat belajar siswa di SMP Islam An-Nur Kec. Blado, Kb. Batang, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima.