Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal peneliti, hasil membaca Alquran mata pelajaran Alqur’an Hadits siswa kelas VI MI Salafiyah Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang semester 1 tahun 2014/2015 belum seperti yang diharapkan. Untuk itu perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat, dalam hal ini, penggunaan media dari LCD serta pendekatan tutor sebaya diharapkan dapat membantu siswa dalam memperlanacar membaca Alqur’an Rumusan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi guru Alqur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Alqur’an pada siswa kelas VI di MI Salafiyah Sidorejo? Dan 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar dalam membaca Alqur’an pada siswa kelas VI di MI Salafiyah Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi guru Alqur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Alqur’an pada siswa kelas VI di MI Salafiyah Sidorejo, dan 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar dalam membaca Alqur’an pada siswa kelas VI di MI Salafiyah Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Sedangkan penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, khususnya dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Alqur’an sesuai ilmu tajwid yang dihadapi oleh siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field reseach), yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diteliti, data-data yang diperoleh dari hasil pengamatan baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan analisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan 3 metode analisis, yaitu analisis data sebelum di lapangan, analisis data dilapangan model Miles and Huberman, dan analisis data selama di lapangan model Spradley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru Alqur’an Hadits kelas VI berupa penggunaan LCD dapat menciptakan suasana kelas yang berbeda serta menyenangkan untuk belajar mata pelajaran Alqur’an Hadits, serta menggunakan pendekatan metode tutor sebaya lebih efektif dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Penggunaan media yang tepat serta pendekatan tutor sebaya yang digunakan dalam pembelajaran mengatasi kesulitan belajar membaca menunjukkan dapat mengatasi kesulitan belajar membaca Alqur’an. Kedua, faktor pendukung Upaya guru Alqur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan Belajar Membaca Alqur’an pada siswa kelas VI adalah tersedianya media pembelajaran yang memadai , adanya mata pelajaran BTA , dan adanya pembiasaan membaca Alqur’an pada jam ke-0. Sedangkan faktor penghambat upaya guru Alqur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Alqur’an dibagi menjadi 2 bagian yaitu faktor internal seperti kurangnya motivasi, dan faktor eksternal seperti keluarga, lingkungan, dan disiplin sekolah.