Pengaruh Intensitas Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Desa Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Daftar Isi:
- Orang tua adalah pendidik kodrati.Orang tua adalah pendidik untuk anak-anaknya, karena secara kodrati, ibu dan bapak diberikan anugrah oleh tuhan pencipta berupa naluri orang tua.Karena naluri ini, timbul rasa kasih sayang para orang tua terhadap anak-anak mereka, hingga secara moral, keduanya merasa terkena beban tangggung jawab untuk memelihara, mengawasi, melindungi, dan membimbing.Intensitas perhatian orang tua dapat berupa pemberian nasehat dan bimbingan, pengawasan saat anak belajar di rumah, serta pemberian penghargaan, serta pemenuhan fasilitas belajar.Dengan adanya perhatian dari orang tua, motivasi belajar anak dapat timbul.Sehingga muncul keiginan dalam diri anak untuk melakukan aktivitas belajar dengan giat dan semangat.Motivasi belajar pada anak dapat timbul dari dorongan orang tua, motivasi belajar tersebut menjadi daya penggerak untuk belajar, menjadi daya tarik untuk memelajari sesuatu, serta mempengaruhi ketahanan dan ketekunan anak dalam belajar. Penelitian ini terdiri dari tiga rumusan masalah, yaitu: Bagaimana intensitas perhatian para orang tua di Desa Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang?, Bagaimana motivasi belajar Peserta Didik Di Desa Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang?, dan Bagaimana pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Desa Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang?. Adapun tujuan penelitian yang penulis laksanakan ini adalah untuk mengetahui intensitas perhatian para orang tua di Desa Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang, untuk mengetahui motivasi belajar Peserta Didik Di Desa Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang, dan untuk mengetahui pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap motivasi belajar Peserta Didik Di Desa Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Kegunaan Penelitian ini, secara Teoritis ialah dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang intensitas perhatian orang tua dan motivasi belajar peserta didik.Sedangkan secara Praktis penelitian ini digunakan sebagai pertimbangan orang tua untuk lebih memerhatikan motivasi belajar putra-putrinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif.Adapun teknik dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode angket, wawancara, dan studi dokumentasi.Serta menggunakan metode analisis regresi linear sederhana.Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa Intensitas perhatian orang tua di Desa Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang dalam kategori “cukup”, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh, adalah 58,243 yang berada pada interval 54,4 – 62,0. Motivasi belajar peserta didik di Desa Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang dalam kategori “cukup”, terbukti dengan nilai rata-rata adalah 65,67 yang berada pada interval 63,1 – 68,1.Ada pengaruh signifikan intensitas perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik, terbukti dengan nilai Fhitsebesar 20,1108 yang lebih besar dari Ft dengan taraf signifikasi 5% dengan nilai 4,139252,(20,1108>4,139252) atau Fhit >Ft(0,05). Dengan persamaan garis regresi Ȳ = 42,422 + 0,389 X. Keadaan ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan penulis diterima.