Studi Analisis Peranan Badan Koordinasi (Badko) TPQ Kota Pekalongan bagi Perkembangan PAUD Berbasis Al-Qur’an
Daftar Isi:
- Badan Koordinasi (Badko) adalah suatu lembaga yang didirikan untuk menghimpun lembaga-lembaga TPQ di Kota Pekalongan. Fungsi dan peran Badko sebagai koordinator Taman Pendidikan Al-Qur’an mempunyai peranan penting dalam perkembangan PAUD berbasis Al-Qur’an. PAUD berbasis Al-Qur’an adalah bentuk-bentuk pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan pendidikan Al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut : Pertama, Bagaimana Peran Badan Koordinasi (Badko) TPQ Kota Pekalongan bagi Perkembangan PAUD berbasis Al-Qur’an. Kedua, Bagaimana konsep PAUD berbasis Al-Qur’an. Sedangkan kegunaan penelitian ini sebagai tambahan khasanah pendidikan tentang peran Badan Koordinasi (Badko) TPQ Kota Pekalongan bagi perkembangan PAUD berbasis Al-Qur’an Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Peran Badko bagi perkembangan PAUD berbasis Al-Qur’an sebagai berikut : Pertama, sebagai lembaga koordinator PAUD berbasis Al-Qur’an dan TPQ dengan mengadakan kegiatan pembinaan mingguan, bulanan dan tahunan. Pembinaan tersebut meliputi pembahasan dalam bidang kurikulum, metodologi dan evaluasi. Kedua, sebagai supervisor dalam bentuk pengawasan untuk memberikan bimbingan kepada masing-masing penyelenggara PAUD berbasis Al-Qur’an. Ketiga, sebagai motivator dalam pengembangan bakat anak. Adapun konsep PAUD berbasis Al-Qur’an merupakan pendidikan bagi anak usia 0-6 tahun dengan materi utama Al-Qur’an dengan tujuan untuk membantu meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan keimanan, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan bagi anak usia dini dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannnya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.