Studi Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Antara Peserta Didik Yang Mnetap di Asrama Dengan Pesrta Didik Yang Tidak Menetap di Asrama di MTs Terpadu Gondang Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia saat ini sangatlah pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bermunculan sekolah-sekolah swasta baik yang berskala nasional hingga sekolah yang berskala internasional. Seiring dengan derasnya tantangan global, tantangan dunia pendidikan pun menjadi semakin besar, hal ini yang mendorong para siswa mendapatkan prestasi terbaik. Memasuki era globalisasi ini, muncullah lembaga pendidikan yang menerapkan sistem sekolah berasrama atau “boarding school atau yang sering kita dengar dengan nama pesantren modern” yang memadukan sistem pesantren dan sekolah umum, dari segi religiusitas, boarding school menjanjikan pendidikan yang seimbang antara kebutuhan jasmani dan ruhani, intelektual dan spiritual. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab peserta didik yang menetap di asrama (boarding school)? Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab peserta didik yang tidak menetap di asrama (laju)?Bagaimana perbandingan prestasi belajar yang diraih antara peserta didik yang menetap di asrama (boarding school) dan peserta didik yang tidak menetap di asrama, di Mts Terpadu Gondang, wonopringgo?Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk ikut memberikan sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menjadikan pendidikan di swasta memiliki kualitas setara dengan sekolah negeri sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan manusia melalui IMTAQ DAN IPTEK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,pengamatan dan dokument, tidak menggunakan metode angket karena disini lebih menekankan pada dokument berupa nilai ujian bahasa arab tengah semester (UTS Genap) peserta didik kelas VII yang menetap di asrama dengan yang tidak menetap di asrama, tahun ajaran 2014-2015 dan arsip-arsip yang berhubungan dengan judul penelitian. Dari penelitian yang dilakukan di dapatkan hasil bahwa dari hasil penghitungan didapatkan nilai rata-rata mean yang diperoleh dari nilai raport peserta didik yang menetap di asrama yaitu 87. Hal ini telah dibuktikan dengan melakukan analisa pendahuluan yaitu dengan cara mencari mean. Dan Prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab peserta didik kelas VII yang tidak menetap di asrama MTs Terpadu Gondang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata mean yang diperoleh dari nilaiujian bahasa arab tengah semester ganjil (UTS Genap) peserta didik yang tidak menetap di asrama yaitu 83,5. Analisis prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab antara peserta didik yang menetap di asrama dengan peserta didik yang tidak menetap di asrama, diperoleh hasil perhitungan uji t didapat thitung sebesar 2,140 sedangkan ttabel untuk df atau db = 166 taraf signifikan 5% diperoleh harga sebesar 1,658 dan taraf signifikan 1% diperoleh harga sebesar 2,358. Jadi hasil thitung lebih besar dari ttabel (thitung> ttabel). Dengan demikian kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar mata pelajaran bahasa arab antara peserta didik yang menetap di asrama dengan peserta didik yang tidak menetap di asrama di MTs Terpadu Gondang Wonopringgo. Namun keduanya sama-sama memenuhi tarjet Standar KKM.Berdasarkan hasil tersebut, berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima.