ctrlnum 1441
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/</relation><title>STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH (MDA) DI BMT SM-NU MUAWANAH KRAMAT CABANG PEMALANG</title><creator>Permata, Woro</creator><subject>150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)</subject><description>Perkembangan perekonomian di negara Indonesia saat ini dapat dilihat dengan banyak bermunculan lembaga-lembaga keuangan yang menerapkan prinsip syari&#x2019;at islam seperti Perbankan Syariah, Pegadaian Syariah, Asuransi Syariah danBaitul Maal Wat Tamwil(BMT). Salah satu BMT yang cukup berkembang yaitu BMT SM-NU Muawanah Kramat Cabang Pemalang yang berdiri pada tahun 2013, sejak berdirinya BMT ini serta di dukung dengan letak BMT yang strategismenjadikan salah satu produk pembiayaan mudharabah (MDA) mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan dalam usahannya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. &#xD; Penelitian ini mencari jawaban tentang bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan mudharabah di BMT SM-NU Muawanah Kramat Cabang Pemalang dan faktor-faktor apa saja yang mendorong dan menghambat strategi pemasaran produk pembiayaan pembiayaan mudharabah di BMT SM-NU Muawanah Kramat Cabang Pemalang.&#xD; Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sunber datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan.&#xD; Hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategi BMT SM-NU Muawanah Kramat Cabang Pemalang dalam memasarkan pembiayaan mudharabah (MDA) yaitu dengan segmentasi pasar, targeting, positioning, dan marketing mix (bauran pemasaran). Pada marketing mix ada 7 variabel yaitu produk (product); harga (price); tempat/saluran distribusi (place); promosi (promotion) yang terdiri dari periklanan (adversiting), penjualan pribadi (personal selling), publisitas (publicity); orang (people); bukti fisik (physical evidence); proses (process). Dengan lokasi yang strategis dan kemudahan dalam melakukan pembiayaan mudharabah menjadi faktor pendorong strategi pemasaran pembiayaan mudharabah namun tingkat transparasi yang rendah serta pertanggung jawaban anggota terhadap BMT akan penyampaian laporan keuangan secara rutin menjadi faktor utama penghambat dalam pembiayaan mudharabah (MDA).</description><date>2016-11-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/1/1.Cover%20%28fix%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/2/2.PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/3/3.NOTA%20DINAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/4/4.PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/5/7.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/7/12.Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/8/13.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/9/14.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/10/15.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/11/16.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/12/17.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Permata, Woro (2016) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH (MDA) DI BMT SM-NU MUAWANAH KRAMAT CABANG PEMALANG. Diploma thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>1441</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Permata, Woro
title STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH (MDA) DI BMT SM-NU MUAWANAH KRAMAT CABANG PEMALANG
publishDate 2016
topic 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
url http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/1/1.Cover%20%28fix%29.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/2/2.PERNYATAAN.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/3/3.NOTA%20DINAS.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/4/4.PENGESAHAN.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/5/7.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/7/12.Bab%20I.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/8/13.BAB%20II.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/9/14.BAB%20III.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/10/15.BAB%20IV.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/11/16.BAB%20V.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/12/17.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpekalongan.ac.id/1441/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Perkembangan perekonomian di negara Indonesia saat ini dapat dilihat dengan banyak bermunculan lembaga-lembaga keuangan yang menerapkan prinsip syari’at islam seperti Perbankan Syariah, Pegadaian Syariah, Asuransi Syariah danBaitul Maal Wat Tamwil(BMT). Salah satu BMT yang cukup berkembang yaitu BMT SM-NU Muawanah Kramat Cabang Pemalang yang berdiri pada tahun 2013, sejak berdirinya BMT ini serta di dukung dengan letak BMT yang strategismenjadikan salah satu produk pembiayaan mudharabah (MDA) mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan dalam usahannya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Penelitian ini mencari jawaban tentang bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan mudharabah di BMT SM-NU Muawanah Kramat Cabang Pemalang dan faktor-faktor apa saja yang mendorong dan menghambat strategi pemasaran produk pembiayaan pembiayaan mudharabah di BMT SM-NU Muawanah Kramat Cabang Pemalang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sunber datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategi BMT SM-NU Muawanah Kramat Cabang Pemalang dalam memasarkan pembiayaan mudharabah (MDA) yaitu dengan segmentasi pasar, targeting, positioning, dan marketing mix (bauran pemasaran). Pada marketing mix ada 7 variabel yaitu produk (product); harga (price); tempat/saluran distribusi (place); promosi (promotion) yang terdiri dari periklanan (adversiting), penjualan pribadi (personal selling), publisitas (publicity); orang (people); bukti fisik (physical evidence); proses (process). Dengan lokasi yang strategis dan kemudahan dalam melakukan pembiayaan mudharabah menjadi faktor pendorong strategi pemasaran pembiayaan mudharabah namun tingkat transparasi yang rendah serta pertanggung jawaban anggota terhadap BMT akan penyampaian laporan keuangan secara rutin menjadi faktor utama penghambat dalam pembiayaan mudharabah (MDA).
id IOS2761.1441
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2017-07-10T07:21:26Z
last_indexed 2017-12-19T22:00:50Z
recordtype dc
_version_ 1765831030859628544
score 17.538404