PERANAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SDIT BAHRUL ULUM KWAYANGAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Sekolah yang menerapkan sistem full day school mempunyai jam pelajaran yang lebih dari pada sekolah biasa. Bagi anak yang sekolah di full day school, lingkungan sekolah merupakan aspek yang sangat mempengaruhi proses pembentukan karakter anak. Karena lingkungan pendidikan juga memberikan pengaruh pada pembentukan karakter. Bagaimana cara mereka diperlakukan dalam lingkungan sekolah dan bagaimana cara guru mendidik mereka merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter seseorang. Dalam psikologi perkembangan, usia peserta didik di SD berada dalam periode late childhood (akhir masa kanak-kanak). Mereka kira-kira berada dalam rentang usia antara enam atau tujuh tahun sampai tiba saatnya anak menjadi matang secara biologis sekitar usia tiga belas tahun. Periode ini ditandai dengan kondisi yang sangat memengaruhi penyesuaian pribadi dan sosial anak. Mereka dihadapkan pada suasana lingkungan baru yang menuntut mereka dapat menyesuaiakan diri. Pada situasi tersebut, secara psikologis kebanyakan anak berada dalam keadaan tidak seimbang, sehingga anak sulit untuk bekerja sama dan dapat mengakibatkan perubahan sikap, nilai, dan perilaku. Sehingga disinilah pentingnya pendidikan karakter anak di berikan oleh pendidik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pembelajaran sistem full day school di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, Bagaimana karakter anak di SDIT Bahrul Ulum kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, Bagaimana Peranan sistem Full day school dalam pembentukan karakter anak di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan pembelajaran sistem full day school di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Untuk mendeskripsikan karakter anak di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. untuk mendeskripsikan peranan sistem full day school dalam pembentukan karakter anak di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis yang bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis, yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran sistem full day school menyenangkan dengan metode pembiasaan yang dapat membentuk karakter anak. Karakter anak yang terbentuk di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni yaitu religius, mandiri, tanggung jawab, disiplin dan santun, peduli, jiwa leader, dan kreatif. Peranan sistem full day school dalam pembentukan karakter anak yaitu (1) Full day school dapat menjadikan anak survive dalam kehidupannya seperti mandiri, bertanggung jawab, dan pemberani menjadi leader. (2) Dengan kegiatan setiap harinya dan metode pembiasaan di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kedungwuni dapat menjadi kebiasaan anak-anak ketika di rumah dan membentuk karakter anak. (3) Dengan sistem Full day school dapat meminimalisir hal-hal negatif dari lingkungan masyarakat karena kegiatan anak lebih banyak di sekolah.