ANALISIS PENENTUAN SEGMEN PASAR PADA PRODUK SIMPANAN TABUNGAN HARI RAYA (SITARA) DI KSPPS MINNA LANA PEKALONGAN
Daftar Isi:
- KSPPS Minna Lana Pekalongan merupakan lembaga keuangan mikro dengan kegiatan utama menghimpun dana dari masyarakat (funding) dalam bentuk simpanan dan menyalurkan (financing) kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan, serta jasa lainnya. KSPPS Minna Lana Pekalongan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan anggota atau calon anggota. Salah satu produk yang ada di KSPPS Minna Lana Pekalongan adalah Simpanan Tabungan Hari Raya (SITARA). Dalam Tugas Akhir ini penulis meneliti produk Simpanan Tabungan Hari Raya (SITARA). SITARA merupakan tabungan persiapan hari raya idul fitri, yang disetor setiap minggunya dan dapat diambil setelah 15 hari bulan puasa. Penelitian ini mencari jawaban tentang bagaimana penentuan segmen pasar pada produk Simpanan Tabungan Hari Raya (SITARA) di KSPPS Minna Lana Pekalongan. Analisisnya dari segmentasi pasar (segmentation), dan pasar sasaran (targeting). Jenis penelitian Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research) maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penentuan segmen pasar pada produk Simpanan Tabungan Hari Raya (SITARA) di KSPPS Minna Lana Pekalongan yaitu terdiri dari beberapa tahapan mulai segmenting, targeting dan mengandalkan sistem pemasaran jemput bola. Strategi pemasaran tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan produk Simpanan Tabungan Hari Raya (SITARA) di KSPPS Minna Lana Pekalongan yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan cukup signifikan. Segmentasi pasar untuk Simpanan Tabungan Hari Raya (SITARA) sasarannya adalah untuk pedagang pasar, pemegang kolektor (marketing funding freelance), dan diperuntukkan untuk semua kalangan masyarakat terutama untuk masyarakat menengah ke bawah.