Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas penerapan penggunaan metode Index Card Match dalam belajar ilmu tajwid. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya Hasil belajar ilmu tajwid santri materi hukum bacaan Nun Sukun/Tanwin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar ilmu tajwid materi hukum Nun Sukun/Tanwin santri jilid IV TPQ Ribathul Mubtadi’in Terban Warungasem Batang, mengetahui bagaimana penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran ilmu tajwid materi hukum Nun Sukun/Tanwin santri jilid IV di TPQ Ribathul Mubtadi’in Terban Warungasem Batang, dan untuk mengetahui apakah metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar ilmu tajwid santri jilid IV di TPQ Ribathul Mubtadi’in Terban Warungasem Batang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi, tes dan pengamatan. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif (nilai hasil belajar santri) dan data kualitatif (pengamatan keaktifan santri dalam mengikuti pembelajaran). Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan adanya peningkatan hasil belajar santri dalam mengikuti pembelajaran dengan metode Index Card Match. Adanya peningkatan hasil tersebut dapat dilihat dari keaktifan santri selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match, dan ketertarikan santri untuk mengikuti proses pembelajaran serta peningkatan hasil post test setiap tahapan-tahapan siklusnya. Pada tahap pra siklus rata-rata kelas yang yang diperoleh hanya 56,2. Kemudian dilanjutkan pembelajaran pada siklus I mengalami peningkatan 12,0 dari pra siklus dan hasilnya baru mencapai 68,2. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata kelas yang diperoleh mengalami peningkatan sebesar 3,7 dari siklus I sehingga hasilnya menjadi 71,9 dan pada siklus III rata-rata kelas yang diperoleh meningkat secara signifikan yaitu sebesar 14,3 dari siklus II sehingga rata-rat kelasnya menjadi 86,2. Ini membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar santri dengan menggunakan metode Index Card Match. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan STAIN Pekalongan.