PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN, DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DINAR SEBAGAI PILIHAN INVESTASI PADA NASABAH GERAI DINAR PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Dalam islam dikenal alat investasi yang bernama dinar. Dinar adalah mata uang yang stabil sepanjang zaman, tidak menimbulkan inflasi dari proses penciptaan uang dan juga bebas dari proses penghancuran uang.Proses psikologis dasar memainkan peranan penting dalam memahami bagaimana konsumen benar-benar membuat keputusan pembelian.Proses psikologi dalam hal ini adalah pengetahuan, persepsi, dan motivasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, pengetahuan dan persepsi terhadap keputusan pembelian dinar. Penelitian ini menggunakan metode accidental samplingdan snowball sampling. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Sumber data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh nasabah Gerai Dinar Pekalongan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan uji t menyatakan bahwa motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan thitung2,911> ttabel 2,010,pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan thitung 3,925 > ttabel 2,010, persepsi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan thitung -1,956 < ttabel 2,010. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa secara simultan motivasi, pengetahuan dan persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan Fhitung14,899> Ftabel 2,81. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh Adjusted R Square sebesar 0,460.