Daftar Isi:
  • Sejak bergulirnya globalisasi, pendidikan menjadi salah satu dari empat elemen penting (ekonomi, iptek, dan lingkungan) yang mempunyai pengaruh kuat terhadap segala aspek kehidupan. Akan tetapi, biaya pendidikan menjadi semakin mahal, Dalam membantu para orang tua meringankan biaya pendidikan, beberapa lembaga keuangan baik perbankan syariah maupun asuransi syariah mengeluarkan produk khusus untuk keperluan pendidikan. Dengan banyaknya produk asuransi dana pendidikan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi syariah, maka diminati atau tidaknya suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, religiusitas, tingkat pendidikan, harga premi dan pelayanan yang diberikan sehingga dapat mempengaruhi preferensi calon peserta asuransi Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling berdasarkan peserta yang menggunakan produk asuransi dana pendidikan (fulnadi) dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y= 32,509 - 0,243X1 + 0,249X2 + 0,248X3 - 0,319X4. Hasil penelitian menunjukan nilai t hitung masing-masing variabel sebesar (4.092, 3.028, 5.962, 3.641) > 1.985, dan signifikan pada (0.000, 0.003, 0,000, 0,000). Secara parsial, variabel tingkat pendidikan, dan harga premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi peserta asuransi dana pendidikan. Sedangkan variabel religiusitas dan pelayanan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap preferensi peserta asuransi dana pendidikan. Kemudian hasil Uji F menunjukkan keempat variabel independen secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap variabel preferensi peserta asuransi pendidikan dengan nilai F hitung 24,759 > F tabel 2,47. Nilai Koefesien determinasi atau angka Adjusted R Square dalam penelitian ini adalah sebesar 0,490 artinya hanya 49 % preferensi peserta asuransi dana pendidikan (Y) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yaitu religiusitas, tingkat pendidikan, harga premi dan pelayanan. Sedangkan sisanya (100 % - 49% = 51 %) dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.