Daftar Isi:
  • Dinar merupakan alat investasi jangka panjang yang mempunyai tingkat resiko kerugian sangat kecil karena dinar mempunyaisifatzero inflation atau tahan terhadap inflasi. Meskipun demikian, dinar masih terdengar asing di kalangan masyarakat luas apabila dibandingkan dengan alat investasi lainya. Gerai Dinar sebagai lembaga yang memasarkan dinar kepada masyarakat harus mempunyai strategi pemasaran yang baik agar dinar dapatdikenal denganbaikdi kalangan masyarakatluas. Skripsi ini bertujuanuntukmenganalisisfaktor-faktor yang memengaruhipersepsinasabahterhadap dinar. StudikasuspadaGerai Dinar BMT DaarulMustaqimPekalongan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua nasabah Gerai Dinar Pekalongan yang melakukantransaksilangsung di kantorGerai Dinar. Dengan jumlah sampel penelitian 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis faktor yang diolahdengan SPSS 18. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 20 item pernyataan yang dianalisadengan model analisisfaktorterbentuk 7 faktorbaru, dimanafaktorutama yang memengaruhipersepsinasabahterhadap dinar tersebutdidominasioleh item pernyataan yang mewakilifaktorobjek.