PENGARUH KESATUAN, KESEIMBANGAN, KEHENDAK BEBAS DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP ETIKA BISNIS ISLAMI ( Studi Pada Pedagang Muslim di Pasar Wonopringgo)
Daftar Isi:
- Kegiatan bisnis merupakan bagian integral dari kehidupan masyarakat, sebagian masyarakat masih memiliki pemikiran kontradiktif terhadap bisnis, hal itu dikarenakan bahwa bisnis dianggap bertentangan dengan etika. Pengembangan yang sistematis dengan latarbelakang ekonomi tentang prinsip-prinsip etika Islam yaitu, kesatuan (tauhid), Keseimbangan, Kehendak bebas Tanggung jawab, Dengan perangkat aksioma ini sistem perdagangan mampu mengatasi berbagai macam permasalahan ekonomi. Penelitian ini dilakukan di Pasar Wonopringgo dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan 50 sampel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yaitu data diperoleh dari buku dan hasil kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan uji t, diperoleh ttabel 2,0129, adapun variabel yang berpengaruh signifikan terhadap etika bisnis Islami adalah kesatuan dengan thitung 2,196 dan tanggung jawab dengan thitung 4,021. Kemudian variabel yang tidak berpengaruh signifikan adalah keseimbangan dengan thitung -0,605 dan kehendak bebas dengan thitung 1,020. Melalui uji f, menunjukkan secara simultan keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap etika bisnis Islami dengan Fhitung 13,970 > Ftabel 4,03. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh Adjusted R Square sebesar 0,514