TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA BATIK ASKY PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan pada perusahaan batik Asky di Pekalongan dan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran pada perusahaan batik Asky di Pekalongan dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang etika bisnis islam dan penerapan strategi pemasaran di batik Asky Pekalongan sesuai dengan apa yang didengar dan dilihat tanpa menguranginya. Hasil dari penelitian ini adalah usaha batik Asky dalam menjalankan usahanya, ada yang sesuai dengan etika bisnis Islam dan ada pula yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Untuk yang sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu pada bauran pemasarannya : produk, harga, tempat, dan promosi. Untuk yang tidak sesuai yaitu pada pengolahan limbah yang langsung dibuang ke saluran air dan sungai tanpa ada pengolahan limbah secara baik.