ctrlnum 1253
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/</relation><title>IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH DINIYAH AL-QORYAH WANAREJAN UTARA KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG</title><creator>Nailanni&#x2019;mah, Ikvina</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Madrasah diniyah sudah seharusnya mencetak peserta didik yang berbudi pekerti baik. Sebagai pengamalan dari pengetahuan yang didapat dan cerminan dari ilmu yang bermanfaat. Namun pada kenyataannya, di madrasah diniyah AlQoryah masih banyak peserta didik yang belum mampu mengimplementasikan pengetahuan tersebut. Masih banyak siswa yang makan sambil berjalan, berbicara dan tertawa dengan suara yang keras. Maka madrasah diniyah semestinya mengoptimalkan pendidikan akhlak agar peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti memaparkan dua permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi pendidikan akhlak dan apa faktor pendukung dan penghambatnya di Madrasah Diniyah Al-Qoryah Wanarejan Utara Pemalang. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan akhlak serta faktor pendukung dan penghambatnya di Madrasah Diniyah Al-Qoryah Wanarejan Utara Pemalang. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan tentang implementasi pendidikan akhlak di madrasah diniyah Al-Qoryah Wanarejan Utara Pemalang dan dijadikan pedoman bagi pendidikan, khususnya lembaga pendidikan madrasah diniyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenisnya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan akhlak di madrasah diniyah Al-Qoryah dilaksanakan melalui pembiasaan, diantaranya berdoa bersama sebelum dan setelah pembelajaran, disiplin, sikap sopan dan santun, serta hormat dengan guru. Pendidikan akhlak terintegrasi dengan mata pelajaran dan tata tertib yang ada di madrasah diniyah. Tata tertib tersebut diantaranya akan berangkat harus permisi kepada orang tua, badan harus bersih dan berpakaian yang bersih pula serta rapih, serta berbicara dengan tutur kata yang baik dan sopan. Selain itu, guru segera mengingatkan dan menegur apabila ada siswa yang belum menerapkan pendidikan akhlak. Kemudian faktor pendukung implementasi pendidikan akhlak tersebut antara lain minat siswa dalam pembelajaran di madrasah, peraturan yang diterapkan madrasah, dukungan keluarga, keteladanan guru, pembiasaan dan suasana lingkungan madrasah serta kesadaran siswa. Sedangkan faktor penghambatnya seperti pengaruh media, lingkungan rumah yang tidak kondusif dan teman sejawat.</description><date>2016-05-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/1/1.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/2/2.PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/3/3.NOTA%20DINAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/4/4.PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/5/7.%20A%20B%20S%20T%20R%20A%20K.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/7/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/8/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/9/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/10/14.%20%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/11/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nailanni&#x2019;mah, Ikvina (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH DINIYAH AL-QORYAH WANAREJAN UTARA KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>1253</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nailanni’mah, Ikvina
title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH DINIYAH AL-QORYAH WANAREJAN UTARA KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG
publishDate 2016
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/1/1.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/2/2.PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/3/3.NOTA%20DINAS.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/4/4.PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/5/7.%20A%20B%20S%20T%20R%20A%20K.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/7/11.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/8/12.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/9/13.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/10/14.%20%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/11/15.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1253/
http://stain-pekalongan.ac.id/
contents Madrasah diniyah sudah seharusnya mencetak peserta didik yang berbudi pekerti baik. Sebagai pengamalan dari pengetahuan yang didapat dan cerminan dari ilmu yang bermanfaat. Namun pada kenyataannya, di madrasah diniyah AlQoryah masih banyak peserta didik yang belum mampu mengimplementasikan pengetahuan tersebut. Masih banyak siswa yang makan sambil berjalan, berbicara dan tertawa dengan suara yang keras. Maka madrasah diniyah semestinya mengoptimalkan pendidikan akhlak agar peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti memaparkan dua permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi pendidikan akhlak dan apa faktor pendukung dan penghambatnya di Madrasah Diniyah Al-Qoryah Wanarejan Utara Pemalang. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan akhlak serta faktor pendukung dan penghambatnya di Madrasah Diniyah Al-Qoryah Wanarejan Utara Pemalang. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan tentang implementasi pendidikan akhlak di madrasah diniyah Al-Qoryah Wanarejan Utara Pemalang dan dijadikan pedoman bagi pendidikan, khususnya lembaga pendidikan madrasah diniyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenisnya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan akhlak di madrasah diniyah Al-Qoryah dilaksanakan melalui pembiasaan, diantaranya berdoa bersama sebelum dan setelah pembelajaran, disiplin, sikap sopan dan santun, serta hormat dengan guru. Pendidikan akhlak terintegrasi dengan mata pelajaran dan tata tertib yang ada di madrasah diniyah. Tata tertib tersebut diantaranya akan berangkat harus permisi kepada orang tua, badan harus bersih dan berpakaian yang bersih pula serta rapih, serta berbicara dengan tutur kata yang baik dan sopan. Selain itu, guru segera mengingatkan dan menegur apabila ada siswa yang belum menerapkan pendidikan akhlak. Kemudian faktor pendukung implementasi pendidikan akhlak tersebut antara lain minat siswa dalam pembelajaran di madrasah, peraturan yang diterapkan madrasah, dukungan keluarga, keteladanan guru, pembiasaan dan suasana lingkungan madrasah serta kesadaran siswa. Sedangkan faktor penghambatnya seperti pengaruh media, lingkungan rumah yang tidak kondusif dan teman sejawat.
id IOS2761.1253
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
last_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
recordtype dc
_version_ 1765831029741846528
score 17.538404