ctrlnum 1234
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/</relation><title>PEMBELAJARAN ILMU TAUHID DI MAJELIS MUB&#x100;&#x1E24;A&#x1E60;AH DESA PECANGAKAN KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG</title><creator>Atmono, Kukuh Dwi</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Ketauhidan adalah dasar dari agama Islam, di mana setiap individu wajib mempelajarinya, baik secara prinsip maupun tujuan. Namun, pada kenyataannya, pembelajaran Tauhid masih mendapatkan perhatian yang sangat kurang, dengan adanya anggapan bahwa ilmu ini hanya sebagai pelengkap, dan pembelajaran ilmu Tauhid yang monoton, kurang adanya variasi baik dari sisi pendekatan, metode, maupun materi. Anggapan ini perlu diluruskan. Kemudian, lembaga pendidikan perlu menyelenggarakan pembelajaran ilmu Tauhid dengan baik. Dalam hal ini, pelaksanaan pembelajaran ilmu Tauhid di Majelis Mub&#x101;&#x1E25;a&#x1E61;ah Desa Pecangakan Comal Pemalang dipandang sebagai salah satu lembaga pendidikan non-formal yang berupaya menyelenggarakan pembelajaran ilmu Tauhid dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pembelajaran ilmu Tauhid yang dilaksanakan di Majelis Mub&#x101;&#x1E25;a&#x1E61;ah Desa Pecangakan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang? Dengan tujuan mendeskripsikan pembelajaran ilmu Tauhid di majelis tersebut. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi pemikiran maupun literatur tentang pembelajaran ilmu Tauhid, serta memberikan wawasan konstruktif dan sebagai bahan evaluasi bagi semua kalangan, terutama praktisi pendidikan dalam upaya mengembangkan mutu pendidikan, khususnya penyelenggaraan pembelajaran ilmu Tauhid. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah model analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran ilmu Tauhid di Majelis Mub&#x101;&#x1E25;a&#x1E61;ah sejalan antara tujuan dan materinya, serta berkesinambungan dalam proses pembelajarannya. Tujuan utamanya adalah memahami dua kalimat Syahadat sebagai dasar agama Islam. Untuk memahaminya, adalah dengan cara ma&#x2019;rifat (mengenal) kepada Allah dan rasul-Nya, yaitu melalui proses na&#x1E93;ar pada sifat wajib, mustahil dan jaiz pada Allah, dan sifat wajib, mustahil dan jaiz pada rasul-Nya. Untuk mengetahui tentang sifat-sifat tersebut, dibahaslah hukum akal serta dalil-dalil naqli dan aqlinya. Materi pembahasan diambil dari kitab-kitab Ris&#x101;lah Awwal, Ris&#x101;lah &#x1E60;&#x101;n&#x12B;, Dal&#x101;il, dan Muqadim&#x101;t. Bentuk dari inti pembelajarannya adalah berupa diskusi yang berbasis pemecahan masalah, dengan berpedoman pada kaidah yang sudah ditentukan. Bentuk tersebut bukan bertujuan untuk membangun sesuatu pengetahuan baru (konstruktif), melainkan memperoleh pemahaman inti materi melalui proses alur berpikir (discovery).</description><date>2016-05-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/1/1.%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/2/2.%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/3/3.%20Nota%20Pembimbing.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/4/4.%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/5/8.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/6/10.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/7/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/8/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/9/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/10/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/11/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/12/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Atmono, Kukuh Dwi (2016) PEMBELAJARAN ILMU TAUHID DI MAJELIS MUB&#x100;&#x1E24;A&#x1E60;AH DESA PECANGAKAN KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>1234</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Atmono, Kukuh Dwi
title PEMBELAJARAN ILMU TAUHID DI MAJELIS MUBĀḤAṠAH DESA PECANGAKAN KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG
publishDate 2016
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/1/1.%20cover.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/2/2.%20Pernyataan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/3/3.%20Nota%20Pembimbing.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/4/4.%20Pengesahan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/5/8.%20Abstrak.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/6/10.%20Daftar%20Isi.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/7/11.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/8/12.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/9/13.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/10/14.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/11/15.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/12/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1234/
http://stain-pekalongan.ac.id/
contents Ketauhidan adalah dasar dari agama Islam, di mana setiap individu wajib mempelajarinya, baik secara prinsip maupun tujuan. Namun, pada kenyataannya, pembelajaran Tauhid masih mendapatkan perhatian yang sangat kurang, dengan adanya anggapan bahwa ilmu ini hanya sebagai pelengkap, dan pembelajaran ilmu Tauhid yang monoton, kurang adanya variasi baik dari sisi pendekatan, metode, maupun materi. Anggapan ini perlu diluruskan. Kemudian, lembaga pendidikan perlu menyelenggarakan pembelajaran ilmu Tauhid dengan baik. Dalam hal ini, pelaksanaan pembelajaran ilmu Tauhid di Majelis Mubāḥaṡah Desa Pecangakan Comal Pemalang dipandang sebagai salah satu lembaga pendidikan non-formal yang berupaya menyelenggarakan pembelajaran ilmu Tauhid dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pembelajaran ilmu Tauhid yang dilaksanakan di Majelis Mubāḥaṡah Desa Pecangakan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang? Dengan tujuan mendeskripsikan pembelajaran ilmu Tauhid di majelis tersebut. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi pemikiran maupun literatur tentang pembelajaran ilmu Tauhid, serta memberikan wawasan konstruktif dan sebagai bahan evaluasi bagi semua kalangan, terutama praktisi pendidikan dalam upaya mengembangkan mutu pendidikan, khususnya penyelenggaraan pembelajaran ilmu Tauhid. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah model analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran ilmu Tauhid di Majelis Mubāḥaṡah sejalan antara tujuan dan materinya, serta berkesinambungan dalam proses pembelajarannya. Tujuan utamanya adalah memahami dua kalimat Syahadat sebagai dasar agama Islam. Untuk memahaminya, adalah dengan cara ma’rifat (mengenal) kepada Allah dan rasul-Nya, yaitu melalui proses naẓar pada sifat wajib, mustahil dan jaiz pada Allah, dan sifat wajib, mustahil dan jaiz pada rasul-Nya. Untuk mengetahui tentang sifat-sifat tersebut, dibahaslah hukum akal serta dalil-dalil naqli dan aqlinya. Materi pembahasan diambil dari kitab-kitab Risālah Awwal, Risālah Ṡānī, Dalāil, dan Muqadimāt. Bentuk dari inti pembelajarannya adalah berupa diskusi yang berbasis pemecahan masalah, dengan berpedoman pada kaidah yang sudah ditentukan. Bentuk tersebut bukan bertujuan untuk membangun sesuatu pengetahuan baru (konstruktif), melainkan memperoleh pemahaman inti materi melalui proses alur berpikir (discovery).
id IOS2761.1234
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
last_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
recordtype dc
_version_ 1765831029640134656
score 17.538404