ctrlnum 1231
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/</relation><title>PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI DENGAN SMK NEGERI 2 PEKALONGAN</title><creator>Afidah, Minhatul</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Pembelajaran terdiri dari beberapa komponen, antara lain tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber/bahan pengajaran, media pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diberikan dan dilaksanakan di sekolah dengan sebaik-baiknya. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X antara SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan sangat berbeda. Hal ini disebabkan karena kemampuan masing-masing sekolah berbeda baik dalam hal sarana dan prasarana serta kemampuan dan pemahaman guru juga berbeda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni? Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMK Negeri 2 Pekalongan? Bagaimana perbandingan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni, untuk mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMK Negeri 2 Pekalongan, untuk mengetahui perbandingan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Kedungwuni meliputi adanya tujuan pembelajaran, adanya kegiatan belajar mengajar (kegiatan pendahuluan, inti dan penutup), sumber belajar yang sesuai, metode dan media pembelajaran yang bervariasi, penggunaan evaluasi yang sesuai dari masing-masing aspek baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMK Negeri 2 Pekalongan yaitu adanya tujuan pembelajaran, adanya kegiatan belajar mengajar (kegiatan pendahuluan, inti dan penutup), adanya sumber belajar, metode dan media pembelajaran yang bervariasi, penggunaan evaluasi yang terperinci dari masing-masing aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. 3) Perbandingan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan terdapat beberapa persamaan dan perbedaan. Perbedaan dalam sumber belajar yaitu di SMA Negeri 1 Kedungwuni menggunakan Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X yang &#xD; disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan di SMK Negeri 2 Pekalongan menggunakan Modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X yang disusun oleh MGMP PAI SMK. Perbedaan dalam metode pembelajaran yaitu di SMA Negeri 1 Kedungwuni menggunakan metode tugas dan resitasi dan di SMK Negeri 2 Pekalongan menggunakan metode match card dan everyone is teacher here. Perbedaan dalam media pembelajaran yaitu penggunaan media kartu yang bertuliskan hukum bacaan di SMK Negeri 2 Pekalongan dan hal ini tidak terdapat di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Perbedaan dalam evaluasi pada aspek psikomotorik yaitu di SMA Negeri 1 Kedungwuni dilakukan dengan menulis, membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur&#x2019;an atau hadits dan di SMK Negeri 2 Pekalongan dilakukan dengan membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur&#x2019;an atau hadits.</description><date>2016-06-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/1/1.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/2/7.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/3/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/4/10.%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/5/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/6/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/7/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/8/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/9/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/10/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Afidah, Minhatul (2016) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI DENGAN SMK NEGERI 2 PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>1231</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Afidah, Minhatul
title PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI DENGAN SMK NEGERI 2 PEKALONGAN
publishDate 2016
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/1/1.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/2/7.%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/3/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/4/10.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/5/11.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/6/12.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/7/13.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/8/14.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/9/15.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/10/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1231/
http://stain-pekalongan.ac.id/
contents Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Pembelajaran terdiri dari beberapa komponen, antara lain tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber/bahan pengajaran, media pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diberikan dan dilaksanakan di sekolah dengan sebaik-baiknya. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X antara SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan sangat berbeda. Hal ini disebabkan karena kemampuan masing-masing sekolah berbeda baik dalam hal sarana dan prasarana serta kemampuan dan pemahaman guru juga berbeda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni? Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMK Negeri 2 Pekalongan? Bagaimana perbandingan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni, untuk mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMK Negeri 2 Pekalongan, untuk mengetahui perbandingan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Kedungwuni meliputi adanya tujuan pembelajaran, adanya kegiatan belajar mengajar (kegiatan pendahuluan, inti dan penutup), sumber belajar yang sesuai, metode dan media pembelajaran yang bervariasi, penggunaan evaluasi yang sesuai dari masing-masing aspek baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMK Negeri 2 Pekalongan yaitu adanya tujuan pembelajaran, adanya kegiatan belajar mengajar (kegiatan pendahuluan, inti dan penutup), adanya sumber belajar, metode dan media pembelajaran yang bervariasi, penggunaan evaluasi yang terperinci dari masing-masing aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. 3) Perbandingan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan SMK Negeri 2 Pekalongan terdapat beberapa persamaan dan perbedaan. Perbedaan dalam sumber belajar yaitu di SMA Negeri 1 Kedungwuni menggunakan Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan di SMK Negeri 2 Pekalongan menggunakan Modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X yang disusun oleh MGMP PAI SMK. Perbedaan dalam metode pembelajaran yaitu di SMA Negeri 1 Kedungwuni menggunakan metode tugas dan resitasi dan di SMK Negeri 2 Pekalongan menggunakan metode match card dan everyone is teacher here. Perbedaan dalam media pembelajaran yaitu penggunaan media kartu yang bertuliskan hukum bacaan di SMK Negeri 2 Pekalongan dan hal ini tidak terdapat di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Perbedaan dalam evaluasi pada aspek psikomotorik yaitu di SMA Negeri 1 Kedungwuni dilakukan dengan menulis, membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an atau hadits dan di SMK Negeri 2 Pekalongan dilakukan dengan membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an atau hadits.
id IOS2761.1231
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
last_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
recordtype dc
_version_ 1765831029623357440
score 17.538404