ctrlnum 1195
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/</relation><title>IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X DI SMA N KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN</title><creator>Amalia, Dina</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Skripsi yang berjudul Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Model Pembelajaran PAI Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas X di SMA N 1 Kedungwuni Kabupten Pekalongan dilatarbelakangi oleh adanya perubahan model pembelajaran pada mata pelajaran disekolah, termasuk mata pelajaran PAI yaitu pembelajaran PAI yang berbasis pendekatan saintifik, karena ditetapkannya kurikulum 2013. &#xD; Permasalahan dalam skripsi ini meliputi : bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis saintifik kelas X di SMA N1 Kedungwuni dan faktorfaktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik kelas X di SMA N 1 Kedungwuni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik pada kelas X di SMA N 1 Kedungwuni. &#xD; Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis induktif kualitatif. &#xD; Penelitian ini menghasilkan temuan pelaksanaan pembelajaran PAI kelas X di SMA N 1 Kedungwuni telah dilaksanakan melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menalar dan mengkomunikasikan, namun belum maksimal karena pembelajarannya masih terbatas pada kegiatan membaca buku, melihat tayangan, tanya jawab, penugasan, diskusi dan presentasi didalam kelas. Faktor pendukungnya antara lain siswa yang aktif, guru yang berkompeten, metode pembelajaran yang bervariatif, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah belum adanya buku pelajaran Pendidikan Agma Islam dan Budi Pekerti dari pusat dan alokasi waktu mengajar yang sedikit. Faktor pendukung dan penghambat ini mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran di SMAN 1 Kedungwuni. Upaya yang dilakukan oleh SMA N 1 Kedungwuni untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaarn PAI berbasis pendekatan saintifik antara lain mengadakan pelatihan atau workshop tentang kurikulum 2013, mengikutkan guru dalam pelatihan kurikulum 2013, serta mengembangkan strategi dan metode pembelajaran yang baik. Upaya ini mampu mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik.</description><date>2016-05-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/1/1.cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/2/2.PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/3/3.NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/4/4%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/5/7.ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/6/9.Daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/7/10.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/8/11.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/9/12.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/10/13.Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/11/14.Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/12/15.Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Amalia, Dina (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X DI SMA N KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>1195</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Amalia, Dina
title IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X DI SMA N KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN
publishDate 2016
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/1/1.cover.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/2/2.PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/3/3.NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/4/4%20Pengesahan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/5/7.ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/6/9.Daftar%20isi.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/7/10.BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/8/11.BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/9/12.BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/10/13.Bab%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/11/14.Bab%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/12/15.Daftar%20Pustaka.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1195/
http://stain-pekalongan.ac.id/
contents Skripsi yang berjudul Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Model Pembelajaran PAI Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas X di SMA N 1 Kedungwuni Kabupten Pekalongan dilatarbelakangi oleh adanya perubahan model pembelajaran pada mata pelajaran disekolah, termasuk mata pelajaran PAI yaitu pembelajaran PAI yang berbasis pendekatan saintifik, karena ditetapkannya kurikulum 2013. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi : bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis saintifik kelas X di SMA N1 Kedungwuni dan faktorfaktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik kelas X di SMA N 1 Kedungwuni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik pada kelas X di SMA N 1 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis induktif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan pelaksanaan pembelajaran PAI kelas X di SMA N 1 Kedungwuni telah dilaksanakan melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menalar dan mengkomunikasikan, namun belum maksimal karena pembelajarannya masih terbatas pada kegiatan membaca buku, melihat tayangan, tanya jawab, penugasan, diskusi dan presentasi didalam kelas. Faktor pendukungnya antara lain siswa yang aktif, guru yang berkompeten, metode pembelajaran yang bervariatif, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah belum adanya buku pelajaran Pendidikan Agma Islam dan Budi Pekerti dari pusat dan alokasi waktu mengajar yang sedikit. Faktor pendukung dan penghambat ini mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran di SMAN 1 Kedungwuni. Upaya yang dilakukan oleh SMA N 1 Kedungwuni untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaarn PAI berbasis pendekatan saintifik antara lain mengadakan pelatihan atau workshop tentang kurikulum 2013, mengikutkan guru dalam pelatihan kurikulum 2013, serta mengembangkan strategi dan metode pembelajaran yang baik. Upaya ini mampu mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pendekatan saintifik.
id IOS2761.1195
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
last_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
recordtype dc
_version_ 1765831029239578624
score 17.538404