ctrlnum 1191
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/</relation><title>PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 TIRTO PEKALONGAN</title><creator>Nurdianto, Asyef</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Bimbingan dan konseling pendidikan merupakan proses membantuk siswa untuk mendapatkan arahan dan pemahaman diri yang dibutuhkan agar bisa membuat pilihan dan bertindak menuju cita-cita yang diharapkan. Fokus bimbingan ini adalah membantu pengembangan diri masing-masing siswa melalui serangkaian layanan yang dirancang untuk memaksimalkan belajar di sekolah, merangsang pengembangan karier, dan menggapai masalah pribadi dan sosial yang menghambat kepribadian siswa di sebuah sekolah. Bimbingan dan konseling di sekolah merupakan kegiatan bersama. Semua personel sekolah (kepala sekolah, guru, konselor, tenaga administrasi) mempunyai peran masing-masing dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling, termasuk juga guru PAI yang berperan dari segi agamanya. &#xD; Dalam penelitian ini dipaparkan dua permasalahan yaitu Bagaimana pelaksanaan program bimbingan konseling di SMP N 1 Tirto Pekalongan? Bagaimana peranan guru PAI dalam pelaksanaan program bimbingan konseling di SMP N 1 Tirto Pekalongan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program bimbingan konseling di SMP 1 Tirto Pekalongan, untuk mengetahui bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pelaksanaan program bimbingan konseling di SMP 1 Tirto Pekalongan. &#xD; Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) karena peneliti terjun langsung ke lokasi yang dijadikan objek penelitian yaitu SMP Negeri 1 Tirto Pekalongan. Teknik Pengumpukan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan guru PAI hanya sebatas pada pemberian nasihat, motivasi, serta arahan-arahan dalam kegiatan keagamaan dan tidak secara langsung menyentuh keranah ke-BK-an. Hal ini dikarenakan adanya batasan atau tugas kerja dan tanggungjawab masing-masing pada setiap guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, guru PAI hanya berfokus pada pembinaan moral dan akhlak siswa. Pada setiap pemecahan masalah yang dihadapi siswa, guru PAI hanya sebatas memberikan nasihat, untuk penanganan lebih lanjut diberikan sepenuhnya kepada guru BK. Peranan guru PAI dalam pelaksanaan program bimbingan konseling adalah sebatas pada pemberian pemahaman kepada siswa tentang kehidupan secara vertikal dan horizontal, hubungannya dengan Allah, dengan sesama, serta dengan alam. Tujuannya sama dengan bimbingan yang dilakukan oleh guru BK yaitu agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam kehidupan kelak, bedanya hanya pada fokus bimbingannya, guru BK fokus pada pembinaan perilaku sosialnya agar bisa berjalan tanpa ada hambatan, sedangkan guru PAI lebih fokus pada pembinaan akhlak dan moral siswa sesuai dengan ajaran agama Islam.</description><date>2016-05-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/4/4.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/5/7.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/7/10.%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/8/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/9/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/10/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/11/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/12/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/13/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nurdianto, Asyef (2016) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 TIRTO PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>1191</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nurdianto, Asyef
title PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 TIRTO PEKALONGAN
publishDate 2016
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/1/1.%20COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/4/4.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/5/7.%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/7/10.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/8/11.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/9/12.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/10/13.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/11/14.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/12/15.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/13/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1191/
http://stain-pekalongan.ac.id/
contents Bimbingan dan konseling pendidikan merupakan proses membantuk siswa untuk mendapatkan arahan dan pemahaman diri yang dibutuhkan agar bisa membuat pilihan dan bertindak menuju cita-cita yang diharapkan. Fokus bimbingan ini adalah membantu pengembangan diri masing-masing siswa melalui serangkaian layanan yang dirancang untuk memaksimalkan belajar di sekolah, merangsang pengembangan karier, dan menggapai masalah pribadi dan sosial yang menghambat kepribadian siswa di sebuah sekolah. Bimbingan dan konseling di sekolah merupakan kegiatan bersama. Semua personel sekolah (kepala sekolah, guru, konselor, tenaga administrasi) mempunyai peran masing-masing dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling, termasuk juga guru PAI yang berperan dari segi agamanya. Dalam penelitian ini dipaparkan dua permasalahan yaitu Bagaimana pelaksanaan program bimbingan konseling di SMP N 1 Tirto Pekalongan? Bagaimana peranan guru PAI dalam pelaksanaan program bimbingan konseling di SMP N 1 Tirto Pekalongan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program bimbingan konseling di SMP 1 Tirto Pekalongan, untuk mengetahui bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pelaksanaan program bimbingan konseling di SMP 1 Tirto Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) karena peneliti terjun langsung ke lokasi yang dijadikan objek penelitian yaitu SMP Negeri 1 Tirto Pekalongan. Teknik Pengumpukan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan guru PAI hanya sebatas pada pemberian nasihat, motivasi, serta arahan-arahan dalam kegiatan keagamaan dan tidak secara langsung menyentuh keranah ke-BK-an. Hal ini dikarenakan adanya batasan atau tugas kerja dan tanggungjawab masing-masing pada setiap guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, guru PAI hanya berfokus pada pembinaan moral dan akhlak siswa. Pada setiap pemecahan masalah yang dihadapi siswa, guru PAI hanya sebatas memberikan nasihat, untuk penanganan lebih lanjut diberikan sepenuhnya kepada guru BK. Peranan guru PAI dalam pelaksanaan program bimbingan konseling adalah sebatas pada pemberian pemahaman kepada siswa tentang kehidupan secara vertikal dan horizontal, hubungannya dengan Allah, dengan sesama, serta dengan alam. Tujuannya sama dengan bimbingan yang dilakukan oleh guru BK yaitu agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam kehidupan kelak, bedanya hanya pada fokus bimbingannya, guru BK fokus pada pembinaan perilaku sosialnya agar bisa berjalan tanpa ada hambatan, sedangkan guru PAI lebih fokus pada pembinaan akhlak dan moral siswa sesuai dengan ajaran agama Islam.
id IOS2761.1191
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
last_indexed 2017-02-25T15:20:31Z
recordtype dc
_version_ 1765831029217558528
score 17.538404