ctrlnum 119
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/</relation><title>Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP Negeri 9 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015</title><creator>Tini, Dewi Agus</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Kompetensi pedagogik merupakan suatu yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan optimal. Kompetensi pedagogik meliputi: pemahaman wawasan, pemahamna terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pngembangan siswa. Pada hakikatnya penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan ditentukan oleh faktor guru dan unsur-unsur penunjang lainnya. Kompetensi pedagogik guru yang rendah akan berdampak pada rendahnya mutu (kualitas) pendidikan.&#xD; Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan? Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan, untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015.&#xD; Adapun jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yang pertama adalah analisis pendahuluan, yang kedua analisis uji hipotesis dengan bantuan program aplikasi SPSS 17.0. dan yang terakhir yaitu analisis tindak lanjut, atau penarikan kesimpulan dari hipotesis yang penulis ajukan.&#xD; Untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap varibel Y penulis menggunakan rumus regresi sebagai berikut &#x176; = a + bX. Diperoleh persamaan &#x176;=20,825+0,855. Selain itu diperoleh pula nilai r hitung sebesar 0,711, dan nilai r square sebesar 0,505. Hal ini menunjukkan bahwa 50,5% hasil belajar PAI siswa dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru, sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</description><date>2015-04-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/1/1.%20COVER_JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/5/9.%20DAFTAR%20%20%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/6/10.%20BAB_I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/7/11.%20BAB_II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/8/12.%20BAB_III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/9/13.%20BAB_IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/10/14.%20BAB_V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/11/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Tini, Dewi Agus (2015) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP Negeri 9 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>119</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Tini, Dewi Agus
title Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa SMP Negeri 9 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015
publishDate 2015
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
130303 Education Assessment and Evaluation
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/1/1.%20COVER_JUDUL.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/5/9.%20DAFTAR%20%20%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/6/10.%20BAB_I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/7/11.%20BAB_II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/8/12.%20BAB_III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/9/13.%20BAB_IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/10/14.%20BAB_V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/11/15.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/119/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Kompetensi pedagogik merupakan suatu yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan optimal. Kompetensi pedagogik meliputi: pemahaman wawasan, pemahamna terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pngembangan siswa. Pada hakikatnya penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan ditentukan oleh faktor guru dan unsur-unsur penunjang lainnya. Kompetensi pedagogik guru yang rendah akan berdampak pada rendahnya mutu (kualitas) pendidikan. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan? Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI SMP Negeri 9 Pekalongan, untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015. Adapun jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yang pertama adalah analisis pendahuluan, yang kedua analisis uji hipotesis dengan bantuan program aplikasi SPSS 17.0. dan yang terakhir yaitu analisis tindak lanjut, atau penarikan kesimpulan dari hipotesis yang penulis ajukan. Untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap varibel Y penulis menggunakan rumus regresi sebagai berikut Ŷ = a + bX. Diperoleh persamaan Ŷ=20,825+0,855. Selain itu diperoleh pula nilai r hitung sebesar 0,711, dan nilai r square sebesar 0,505. Hal ini menunjukkan bahwa 50,5% hasil belajar PAI siswa dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru, sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2761.119
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:18Z
recordtype dc
_version_ 1765831021287178240
score 17.538404