ctrlnum 1172
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/</relation><title>KONSEP KURIKULUM MADRASAH DINIYAH AWALIYAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCETAK GENERASI ISLAM DAN BERKUALITAS (Studi kasus MDA Salafiyah Moga Pemalang)</title><creator>Fitriyana, Indah</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Latar belakang masalah, Bukti nyata melemahnya moral pelajar yang ada di desa Moga dikarenakan kurangnya penguasaan Imtaq adalah, terjadi kenakalan anak dan remaja di desa Moga. Contohnya seperti banyak anak-anak merokok, pergaulan bebas, pulang tengah malam, dan masih banyak lainnya. Mereka berkeinginan untuk meniru gaya hidup orang kota dan idola mereka. Semua itu dapat mereka ketahui dengan mudah melalui teknologi yang kian canggih sekarang ini imbas dari melesatnya perkembangan iptek. Mereka dapat mengetahui apa saja, darimana saja dan kapan saja. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kerangka dasar dari konsep kurikulum di Madrasah Diniyah Awaliyah Moga, bagaimana pelaksanaan kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah Moga dalam mencetak generasi yang Islami dan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang kerangka dasar kurikulum di Madrasah Diniyah Awaliyah Moga untuk mengetahui secara menyeluruh dan mendalam tentang konsep kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah Moga dalam mencetak generasi Islami dan berkualitas. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah membantu dalam menyusun format kurikulum yang baku untuk semua Madrasah Diniyah Awaliyah di Indonesia, sebagai pencetus model kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah, sebagai sumbangsih khazanah keilmuan kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field study research) atau penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsep kurikulum madrasah diniyah awaliya dapat disusun secara sedemikian rupa dengan memodifikasi kurikulum Kemenag dan LP Ma&#x2019;arif NU. Dalam proses pelaksanaan terstruktur dan konsisten untuk dapat mencetak generasi Islami yang bekualitas.</description><date>2016-06-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/4/4.%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/7/10.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/8/11.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/9/12.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/10/13.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/11/14.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/12/15.%20DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/13/7.%20ABSTRAK.pdf</identifier><identifier> Fitriyana, Indah (2016) KONSEP KURIKULUM MADRASAH DINIYAH AWALIYAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCETAK GENERASI ISLAM DAN BERKUALITAS (Studi kasus MDA Salafiyah Moga Pemalang). Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>1172</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fitriyana, Indah
title KONSEP KURIKULUM MADRASAH DINIYAH AWALIYAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCETAK GENERASI ISLAM DAN BERKUALITAS (Studi kasus MDA Salafiyah Moga Pemalang)
publishDate 2016
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/1/1.%20COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/4/4.%20Pengesahan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/7/10.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/8/11.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/9/12.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/10/13.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/11/14.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/12/15.%20DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/13/7.%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1172/
http://stain-pekalongan.ac.id/
contents Latar belakang masalah, Bukti nyata melemahnya moral pelajar yang ada di desa Moga dikarenakan kurangnya penguasaan Imtaq adalah, terjadi kenakalan anak dan remaja di desa Moga. Contohnya seperti banyak anak-anak merokok, pergaulan bebas, pulang tengah malam, dan masih banyak lainnya. Mereka berkeinginan untuk meniru gaya hidup orang kota dan idola mereka. Semua itu dapat mereka ketahui dengan mudah melalui teknologi yang kian canggih sekarang ini imbas dari melesatnya perkembangan iptek. Mereka dapat mengetahui apa saja, darimana saja dan kapan saja. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kerangka dasar dari konsep kurikulum di Madrasah Diniyah Awaliyah Moga, bagaimana pelaksanaan kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah Moga dalam mencetak generasi yang Islami dan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang kerangka dasar kurikulum di Madrasah Diniyah Awaliyah Moga untuk mengetahui secara menyeluruh dan mendalam tentang konsep kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah Moga dalam mencetak generasi Islami dan berkualitas. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah membantu dalam menyusun format kurikulum yang baku untuk semua Madrasah Diniyah Awaliyah di Indonesia, sebagai pencetus model kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah, sebagai sumbangsih khazanah keilmuan kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field study research) atau penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsep kurikulum madrasah diniyah awaliya dapat disusun secara sedemikian rupa dengan memodifikasi kurikulum Kemenag dan LP Ma’arif NU. Dalam proses pelaksanaan terstruktur dan konsisten untuk dapat mencetak generasi Islami yang bekualitas.
id IOS2761.1172
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2017-02-25T15:20:27Z
last_indexed 2017-02-25T15:20:27Z
recordtype dc
_version_ 1765831029144158208
score 17.538404