Daftar Isi:
  • Salah satu perusahaan batik yang ada di Pekalongan yaitu perusahaan batik ”SS” atau batik ”Subchan Sholihah” merupakan salah satu perusahaan batik yang cukup besar, di wilayah Buaran dan sudah mempunyai nama di hati masyarakat. Produk dari perusahaan batik ”SS” sudah dikenal sampai luar kota Pekalongan bahkan sampai luar pulau Jawa. Mengingat persaingan perusahaan batik di Pekalongan sangat ketat, jadi prinsip pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) harus benar-benar dipertahankan untuk menghadapi persaingan ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada perusahaan Batik ”SS” di kota Pekalongan? bagaimana prespektif etika bisnis Islam tentang strategi pemasaran pada perusahaan Batik ”SS” di kota Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan pada perusahaan Batik ”SS” di kota Pekalongan dan prespektif etika bisnis Islam tentang strategi pemasaran pada perusahaan Batik ”SS” di kota Pekalongan Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Untuk mendapatkan data primer digunakan metode wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder dengan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisa. Untuk menganalisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif model interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan Batik ”SS” dalam strategi pemasaran produksi batik telah menjalankan dengan baik prinsip 4 P (Product, Price, Place, Promotion) tanpa melupakan etika bisnis yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. yaitu dengan mengedepankan etika bisnis Islam yang sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Al- Hadits.