KORELASI ANTARA SKOR TES INTELIGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI KEMLIGI WONOTUNGGAL BATANG
Daftar Isi:
- Inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan individu dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan performasi optimal. Semakin tinggi skor-skor tes inteligensi siswa, maka dimungkinkan akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini penulis mengajukan permasalahan tentang bagaimana korelasi skor tes inteligensi dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri Kemligi Wonotunggal Batang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara skor tes inteligensi dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri Kemligi Wonotunggal Batang. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai korelasi antara skor tes inteligensi dengan prestasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena pada penelitian ini hasilnya berupa angka-angka atau jumlah dengan menggunakan data statistik product moment. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu skor tes inteligensi sebagai variabel bebas ( X ) dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat ( Y ). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kemligi Wonotunggal Batang tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 110 siswa, karena penelitian ini melibatkan seluruh siswa maka penelitian ini disebut sebagai penelitian populasi. Untuk memperoleh data dari lapangan penulis menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan product moment yang perhitunganya dibantu dengan analisis komputer dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tes inteligensi siswa SD Negeri Kemligi Wonotunggal Batang tahun pelajaran 2010/2011 termasuk kategori rata-rata, hal ini dibuktikan dari klasifikasi skor IQ antara 90 – 109 sebesar 99,09% dengan frekuensi terbanyak yaitu 109 siswa yang berarti kategori rata-rata. Prestasi belajar siswa SD Negeri kemligi Wonotunggal Batang tahun pelajaran 2010/2011 termasuk kategori cukup, hal ini dibuktikan dari klasifikasi rata-rata raport antara 60 – 73 sebesar 61,82% dengan frekuensi terbanyak yaitu 68 siswa yang berarti kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara skor tes inteligensi dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri Kemligi Wonotunggal Batang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan r yang diperoleh sebesar 0,525 dimana harga rtabel pada taraf signifikan 5 % dengan N = 110 sebesar 0,176 yang berarti rhitung > rtabel atau 0,525 > 0,176 sehingga ada korelasi positif yang signifikan. Selanjutnya pada taraf signifikan 1 % dengan N = 110 sebesar 0,230 yang berarti rhitung > rtabel atau 0,525 > 0,230 sehingga ada korelasi positif yang signifikan, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.