ctrlnum 112
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/</relation><title>Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal</title><creator>Ilma, Arinun</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified</subject><subject>170103 Educational Psychology</subject><description>Korupsi telah menjadi masalah laten di negeri ini. Melalui pendidikan tentunya dapat menjadi salah satu solusi untuk memutus mata rantai korupsi sejak dini. Masih melalui upaya pendidikan, dengan pendidikan agama Islam tentunya mempunyai peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi yang berjalan selaras dengan nilai-nilai ajaran Islam. Hal tersebut seperti yang telah dan sedang dilakukan oleh SMAN 4 Kota Tegal. Nilai-nilai pendidikan anti korupsi diintegrasikan dalam mata pelajaran khususnya PAI. Kemudian ditanamkan melalui strategi dan metode yang tepat agar dapat dijadikan sebagai upaya preventif dan antisipatif dalam mengembangkan nilai anti korupsi untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat.&#xD; Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan anti korupsi yang ditanamkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal? serta bagaimana metode dan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan anti korupsi yang ditanamkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal, serta mendeskripsikan metode dan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal. Kegunaan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah dapat memberikan wawasan kepada dunia pendidikan khususnya di bidang pendidikan agama Islam, terkait penanaman nilai-nilai pendidikan anti korupsi.&#xD; Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis data, penulis menggunakan analisis data model interaktif teori Miles dan Huberman, yang meliputi : Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.&#xD; Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi : pertama, Nilai-nilai pendidikan anti korupsi diintegrasikan melalui pembelajaran materi PAI, diantaranya membiasakan perilaku terpuji dan mencontoh kejujuran serta keteladanan Nabi SAW. Nilai tersebut adalah nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai kesederhanaan, nilai kerja keras, nilai kemandirian,nilai keadilan, nilai keberanian dan nilai kepedulian. Nilai-nilai tersebut sudah ditanamkan di dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Meskipun nilai-nilai tersebut sudah termuat dalam RPP, namun belum tersusun secara sistematis. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya kurikulum atau panduan khusus dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam pembelajaran khususnya PAI. Guru hanya mengaitkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi melihat kesesuaiannya dengan materi pelajaran. Idealnya pengembangan nilai-nilai pendidikan anti korupsi tersebut dapat dicantumkan dalam silabus dan RPP. Seperti: Mengidentifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan menjadi materi pengintegrasian pendidikan anti korupsi, menambahkan indikator tentang korupsi, merencanakan pemberian materi pendidikan anti korupsi dalam langkah-langkah pembelajaran, serta menyisipkan instrumen tentang materi pendidikan anti korupsi dalam penilaian pelajaran. Kedua, Dalam proses penanaman nilai-nilai pendidikan anti korupsi ada dua proses yaitu penanaman pada saat pembelajaran PAI di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas. Pada pembelajaran PAI di dalam kelas meliputi: Kurikulum, guru, peserta didik, media pembelajaran, serta metode dan strategi pembelajaran. Guru menggunakan metode pembelajaran diantaranya metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode hafalan dan metode keteladanan. Guru lebih mengutamakan metode keteladanan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam pembelajaran PAI, agar guru benar-benar dapat menjadi tauladan sesuai dengan apa yang ia tanamkan kepada peserta didiknya. Melalui metode pembelajaran, guru dapat menyisipkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi sebagai proses penanaman nilai tersebut dalam proses pembelajaran PAI sehingga secara tidak langsung dapat diterima oleh siswa dengan baik. Kemudian ada dua strategi yang digunakan yaitu strategi integratif yang mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam materi pelajaran dan strategi pengembangan yang menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi melalui kegiatan kesiswaan (ekstrakurikuler) seperti: OSIS, PMR, Pramuka, Paskibraka dan Rohis. Selain pembelajaran di dalam kelas, guru juga mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas untuk memberikan contoh nyata dari implementasi materi pelajaran, seperti mengajak siswa shalat jenazah ketika ada wali murid yang meninggal. Selain itu nilai-nilai pendidikan anti korupsi juga ditanamkan di luar pembelajaran melalui kantin kejujuran, adanya slogan-slogan dan poster anti korupsi, lomba kreasi anti korupsi, serta workshop dan sosialisasi pendidikan anti korupsi sebagai pembelajaran bagi siswa untuk selalu menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.</description><date>2015-04-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/5/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/6/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/7/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/8/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/9/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/10/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/11/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Ilma, Arinun (2015) Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>112</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ilma, Arinun
title Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal
publishDate 2015
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
170103 Educational Psychology
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/1/1.%20COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/5/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/6/11.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/7/12.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/8/13.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/9/14.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/10/15.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/11/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/112/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Korupsi telah menjadi masalah laten di negeri ini. Melalui pendidikan tentunya dapat menjadi salah satu solusi untuk memutus mata rantai korupsi sejak dini. Masih melalui upaya pendidikan, dengan pendidikan agama Islam tentunya mempunyai peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi yang berjalan selaras dengan nilai-nilai ajaran Islam. Hal tersebut seperti yang telah dan sedang dilakukan oleh SMAN 4 Kota Tegal. Nilai-nilai pendidikan anti korupsi diintegrasikan dalam mata pelajaran khususnya PAI. Kemudian ditanamkan melalui strategi dan metode yang tepat agar dapat dijadikan sebagai upaya preventif dan antisipatif dalam mengembangkan nilai anti korupsi untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan anti korupsi yang ditanamkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal? serta bagaimana metode dan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan anti korupsi yang ditanamkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal, serta mendeskripsikan metode dan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Tegal. Kegunaan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah dapat memberikan wawasan kepada dunia pendidikan khususnya di bidang pendidikan agama Islam, terkait penanaman nilai-nilai pendidikan anti korupsi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis data, penulis menggunakan analisis data model interaktif teori Miles dan Huberman, yang meliputi : Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi : pertama, Nilai-nilai pendidikan anti korupsi diintegrasikan melalui pembelajaran materi PAI, diantaranya membiasakan perilaku terpuji dan mencontoh kejujuran serta keteladanan Nabi SAW. Nilai tersebut adalah nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai kesederhanaan, nilai kerja keras, nilai kemandirian,nilai keadilan, nilai keberanian dan nilai kepedulian. Nilai-nilai tersebut sudah ditanamkan di dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Meskipun nilai-nilai tersebut sudah termuat dalam RPP, namun belum tersusun secara sistematis. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya kurikulum atau panduan khusus dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam pembelajaran khususnya PAI. Guru hanya mengaitkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi melihat kesesuaiannya dengan materi pelajaran. Idealnya pengembangan nilai-nilai pendidikan anti korupsi tersebut dapat dicantumkan dalam silabus dan RPP. Seperti: Mengidentifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan menjadi materi pengintegrasian pendidikan anti korupsi, menambahkan indikator tentang korupsi, merencanakan pemberian materi pendidikan anti korupsi dalam langkah-langkah pembelajaran, serta menyisipkan instrumen tentang materi pendidikan anti korupsi dalam penilaian pelajaran. Kedua, Dalam proses penanaman nilai-nilai pendidikan anti korupsi ada dua proses yaitu penanaman pada saat pembelajaran PAI di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas. Pada pembelajaran PAI di dalam kelas meliputi: Kurikulum, guru, peserta didik, media pembelajaran, serta metode dan strategi pembelajaran. Guru menggunakan metode pembelajaran diantaranya metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode hafalan dan metode keteladanan. Guru lebih mengutamakan metode keteladanan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam pembelajaran PAI, agar guru benar-benar dapat menjadi tauladan sesuai dengan apa yang ia tanamkan kepada peserta didiknya. Melalui metode pembelajaran, guru dapat menyisipkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi sebagai proses penanaman nilai tersebut dalam proses pembelajaran PAI sehingga secara tidak langsung dapat diterima oleh siswa dengan baik. Kemudian ada dua strategi yang digunakan yaitu strategi integratif yang mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam materi pelajaran dan strategi pengembangan yang menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi melalui kegiatan kesiswaan (ekstrakurikuler) seperti: OSIS, PMR, Pramuka, Paskibraka dan Rohis. Selain pembelajaran di dalam kelas, guru juga mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas untuk memberikan contoh nyata dari implementasi materi pelajaran, seperti mengajak siswa shalat jenazah ketika ada wali murid yang meninggal. Selain itu nilai-nilai pendidikan anti korupsi juga ditanamkan di luar pembelajaran melalui kantin kejujuran, adanya slogan-slogan dan poster anti korupsi, lomba kreasi anti korupsi, serta workshop dan sosialisasi pendidikan anti korupsi sebagai pembelajaran bagi siswa untuk selalu menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.
id IOS2761.112
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:14Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:14Z
recordtype dc
_version_ 1765831021248380928
score 17.538404