PERAN ORANG TUA WIRAUSAHA DALAM PENDIDIKAN REMAJADESA GALANG PENGAMPON KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Masa remaja sering disebut sebagai masa pencarian jati diri. Mereka kadang susah membedakan sesuatu yang baik dan buruk bagi perkembangan hidup mereka. Oleh sebabitu orang tua sebagai bagian masyarakat yang lebih berpengalaman memiliki peranan penting dalam membantu perkembangan remaja menuju kedewasaan. Remaja yang kedua orang tuanya sama-sama bekerja dalam hal ini wirausaha, seringkali orang tua begitu sibuk dengan pekerjaannya sehingga terjadi ketidakseimbangan pendidikan dalam keluarga. Meski remaja sekolah dilembaga pendidikan formal, bukan berarti seluruh tanggung jawab pendidikan remaja dilimpahkan pada sekolah. Orang tua masih memiliki tanggung jawab untuk berperan dalam mendidik anak-anaknya, khususnya usia remaja yang emosinya masih labil. Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini antara lain: (1)bagaimana profil orang tua wirausaha Desa Galang Pengampon?, (2)bagaimana profil pendidikan remaja Desa Galang Pengampon?, (3)bagaimana peran orang tua wirausaha dalam mengembangkan pendidikan khususnya pendidikan sosial emosional dan pendidikan agama pada remaja Desa Galang Pengampon?.Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah:(1)untuk mendeskripsikanprofil orang tua wirausaha Desa Galang Pengampon.(2)untuk mendeskripsikan profil pendidikan remaja Desa Galang Pengampon.(3)untuk mendeskripsikan peran orang tua wirausaha dalam mengembangkan pendidikan khususnya pendidikan sosial emosional dan agama pada remaja Desa Galang Pengampon. Adapun kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memperkaya khazanah keilmuan dalam pendidikan khususnya dibidang pendidikan remaja, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan bacaan yang dapat memperkaya kepustakaan dan dapat dijadikan sebagai bahan bacaan bagi perbandingan penelitian yang relevan, untuk mengetahui peran orang tua wirausaha dalam mendidik remaja Desa Galang Pengampon, dapat menambah pengetahuan tentang cara pendidikan sosial emosional dan pendidikan agama pada remaja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasinya yaitu di Desa Galang Pengampon Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif, dengan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.