PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JEMPUT BOLA TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DI UJKS BMT MITRA UMAT PEKALONGAN (2009-2010 )

Main Author: Ulfa, Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1105/1/LAILATUL%20ULFA%20Full%20text.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1105/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
Daftar Isi:
  • Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Pemasaran dapat dilakukan dalam rangka menghadapi pesaing yang dari waktu ke waktu semakin meningkat. UJKS-BMT Mitra Umat Pekalongan berusaha memaksimalkan agar setiap produk yang diluncurkan atau dipasarkan berhasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Maka pemasaran produk tersebut diperlukan juga adanya strategi-strategi tertentu, diantaranya dalam hal ini adalah strategi pemasaran jemput bola. Di dalam Tugas Akhir ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimana strategi pemasaran jemput bola UJKS-BMT Mitra Umat Pekalongan dan keefektifan strategi tersebut dalam peningkatan jumlah nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh UJKS-BMT Mitra Umat Pekalongan serta keefektifan strategi tersebut dalam peningkatan jumlah nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan pendekatan yang dilakukan oleh penulis dengan pendekatan kualitatif yang menekankan pada proses analisisnya pada perolehan induktif dan deskriptif. Sumber data yang diperoleh penulis adalah berasal dari sumber data primer antara lain dari peoses wawancara dan observasi. Sumber data kedua adalah sumber data sekunder adalah dengan mencari sumber pendukung yang berkaitan dengan Tugas Akhir ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan metode observasi, wawancara dengan bagian marketing dan dokumentasi yang berisi data-data jumlah nasabah. Analisis data yang digunakan oleh penulis adalah dengan mendeskripsikan pelaksanaan strategi pemasaran jemput bola UJKS-BMT Mitra Umat Pekalongan. Pada dasarnya strategi yang dilakukan oleh lembaga keuangan syariah itu bermacam-macam. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh UJKS-BMT Mitra Umat Pekalongan salah satunya yaitu pemasaran jemput bola. Dalam melaksanakan strategi pemasaran jemput bola pihak UJKS-BMT Mitra Umat Pekalongan dapat dikatakan efektif, hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah nasabahnya. Pemasaran yang dilakukan dengan cara seluruh karyawan BMT terutama bagian marketing menjadi DUTA BMT yang diharapkan dapat mempromosikan produknya sehingga laku terjual di pasaran dan jumlah nasabah pun meningkat.