MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK TABUNGANKU iB DI BNI SYARIAH CABANG PEKALONGAN
Main Author: | Arizkiyanti, Deni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1103/1/DENI%20ARIZKIYANTI%20Full%20text.pdf http://elc.stain-pekalongan.ac.id/1103/ http://www.stain-pekalongan.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Produk TabunganKu iB adalah produk yang dikeluarkan oleh pemerintah, yang tujuannya adalah sebagai sarana bagi masyarakat agar mau dan gemar menabung. Kebanyakan masyarakat umum takut dan khawatir menabung karena uang yang mereka tabung akan berkurang karena biaya administrasi. Dengan melihat kondisi seperti itu maka pemerintah mencanangkan kegiatan dan program gemar menabung melalui penulisan produk TabunganKu iB. Berawal dari uraian di atas menimbulkan sebuah pertanyaan Bagaimana Manajemen Pemasaran Produk TabunganKu iB di BNI Syariah Cabang Pekalongan? Oleh sebab itu penulis bermaksud untuk mengambil judul tersebut dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan manajemen pemasaran produk TabunganKu iB di BNI Syariah Cabang Pekalongan tersebut. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif di mana data yang diperoleh langsung dari lapangan (field research) melalui media interview dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa marketing management di BNI Syariah Cabang Pekalongan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah melalui produk dan layanan. Dalam pemasaran produk TabunganKu iB di BNI Syariah Cabang Pekalongan adalah produk yang ditujukan untuk emerging singles dan middle income families (anak-anak sekolah) yang bertujuan untuk menarik minat nasabah agar gemar menabung sejak dini. Manajemen pemasaran di BNI Syariah Cabang Pekalongan menggunakan bauran pemasaran (marketig mix) 4P yang meliputi product, price, place,dan promotion serta aspek POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling). Dari bauran pemasaran (marketing mix) dan aspek POAC tersebut diharapkan dapat mencapai tujuan pemasaran yang dilakukan BNI Syariah Cabang Pekalongan. Strategi pemasaran di BNI Syariah Cabang Pekalongan adalah ekstensifikasi dan intensifikasi.