ctrlnum 107
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/</relation><title>Implementasi Peraturan Sekolah Dalam&#xD; Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan</title><creator>Maulana, Akmal</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Peraturan atau tata tertib di sekolah merupakan hal yang penting dalam&#xD; menumbuhkan atau meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini dapat dilihat dalam&#xD; kehidupan sehari-hari bahwa siswa yang tidak melaksanakan peraturan di sekolah&#xD; maka kedisiplinan di luar pun rendah atau menurun. Mengingat peraturan&#xD; merupakan hal yang sangat penting dalam segala kegiatan terutama disiplin&#xD; belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa kedisiplinan di sekolah merupakan alat&#xD; yang penting atau pendorong dalam menumbuhkan dan meningkatkan motivasi&#xD; belajar siswa. Disinilah semua guru di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng&#xD; Pekalongan berusaha memberikan contoh dan dorongan dalam melaksanakan&#xD; peraturan sekolah guna meningkatkan kedisiplinan siswa.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi&#xD; peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah&#xD; Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan? Kendala apa saja yang dihadapi&#xD; implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs&#xD; Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah&#xD; untuk mendeskripsikan implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan&#xD; kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan.&#xD; untuk mengetahui kendala yang dihadapi implementasi peraturan sekolah dalam&#xD; meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng&#xD; Pekalongan.&#xD; Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan&#xD; pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode&#xD; pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi.&#xD; Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi peraturan sekolah&#xD; dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip&#xD; Ageng Pekalongan ada 4 (empat) cara yakni: memberikan pendekatan konseling&#xD; bagi siswa, melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan siswa, menggiatkan&#xD; ekstrakurikuler di madrasah dan mengajak siswa untuk melakukan kegiatankegiatan&#xD; Ibadah. Kedua, Kendala yang dihadapi implementasi peraturan sekolah&#xD; dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip&#xD; Ageng Pekalongan ada 2 macam, yakni: Kendala dari dalam diri siswa, meliputi:&#xD; kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua, ketidakharmonisan dalam&#xD; keluarga, adanya rasa malu dalam diri siswa untuk berkonsultasi kepada guru, dan&#xD; adanya permasalahan dalam keluarga. Sedangkan kendala dari luar diri siswa,&#xD; meliputi: tenaga guru bimbingan konseling yang kurang, kurangnya tindakan&#xD; tegas dari pihak madrasah, dan tidak adanya jadwal guru piket pagi pintu gerbang&#xD; yang bertugas menyalami siswa dan mengingatkan siswa yang tidak tertib</description><date>2015-01-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/5/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/6/10.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/7/11.%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/8/12.%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/9/13.%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/10/15.%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/11/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Maulana, Akmal (2015) Implementasi Peraturan Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://www.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>107</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Maulana, Akmal
title Implementasi Peraturan Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan
publishDate 2015
topic 130105 Primary Education
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
130303 Education Assessment and Evaluation
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/1/1.%20COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/5/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/6/10.%20BAB%201.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/7/11.%20BAB%202.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/8/12.%20BAB%203.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/9/13.%20BAB%204.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/10/15.%20BAB%205.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/11/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/107/
http://www.stain-pekalongan.ac.id/
contents Peraturan atau tata tertib di sekolah merupakan hal yang penting dalam menumbuhkan atau meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari bahwa siswa yang tidak melaksanakan peraturan di sekolah maka kedisiplinan di luar pun rendah atau menurun. Mengingat peraturan merupakan hal yang sangat penting dalam segala kegiatan terutama disiplin belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa kedisiplinan di sekolah merupakan alat yang penting atau pendorong dalam menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Disinilah semua guru di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan berusaha memberikan contoh dan dorongan dalam melaksanakan peraturan sekolah guna meningkatkan kedisiplinan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan? Kendala apa saja yang dihadapi implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. untuk mengetahui kendala yang dihadapi implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan ada 4 (empat) cara yakni: memberikan pendekatan konseling bagi siswa, melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan siswa, menggiatkan ekstrakurikuler di madrasah dan mengajak siswa untuk melakukan kegiatankegiatan Ibadah. Kedua, Kendala yang dihadapi implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Istifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan ada 2 macam, yakni: Kendala dari dalam diri siswa, meliputi: kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua, ketidakharmonisan dalam keluarga, adanya rasa malu dalam diri siswa untuk berkonsultasi kepada guru, dan adanya permasalahan dalam keluarga. Sedangkan kendala dari luar diri siswa, meliputi: tenaga guru bimbingan konseling yang kurang, kurangnya tindakan tegas dari pihak madrasah, dan tidak adanya jadwal guru piket pagi pintu gerbang yang bertugas menyalami siswa dan mengingatkan siswa yang tidak tertib
id IOS2761.107
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:14Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:14Z
recordtype dc
_version_ 1765831021221117952
score 17.538404