PENGARUH METODE MENYANYI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 01 ROWOSARI LIMPUNG BATANG
Daftar Isi:
- Sebagai salah satu komponen pengajaran, metode menempati peranan yang tidak kalah pentingnya dari komponen lainya dalam kegiatan belajar mengajar. Tidak satupun kegiatan belajar mengajar yang tidak menggunakan metode pengajaran. Penggunaan metode yang tepat dan bervariasi akan dapat di jadikan sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar disekolah.metode menyanyi merupakan metode yang diterapkan oleh guru untuk memotivasi anak didik agar tidak mengalami kejenuhan dalam pembelajaran. Dalam skripsi ini ada tiga permasalahan yang penulis kemukakan yaitu bagaimana aplikasi metode menyanyi di SDN 01 Rowosari Limpung Batang ?, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Rowosari Limpung Batang ?, bagaimana pengaruh metode menyanyi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI ?.Adapun kegunaan penelitian ini yaitu yang pertama kegunaan teoretis untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengaruh metode menyanyi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 01 Rowosari Limpung Batang, yang kedua kegunaan praktis a)dapat memberi masukan bagi guru untuk berinovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran; b)dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) karena data yang diambil berasal dari objek penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung, sedangkan pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif, yaitu suatu pendekatan yang menekankan analisinya pada data-data numerial (angka) yang diperoleh dengan metode statistika. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkam metode analisis datanya menggunakan analisis data statistik dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini yaitu bahwa aplikasi metode menyanyi menunjukkan kategori sangat baik, hal ini dibuktikan dengan hasil 22 responden berada pada interval 45-60 dengan nilai persentase 59,46 % sedangkan motivasi belajar PAI dapat diklasifikasikan kedalam kategori sangat baik ini dibuktikan dengan 12 responden pada interval 54-60 dengan nilai presentase 32,43 % Pengaruh metode menyanyi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan teknik korelasi product moment diperoleh rxy=0,428 nilai tersebut terdapat pada interpretasi nilai ”r” antara 0,400- 0,700 yang berarti bahwa aplikasi metode menyanyi mempunyai pengaruh yang cukup/sedang terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dibuktikan baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%, pada taraf signifikan 5% didapatkan rt=0,325 pada taraf signifikan 1% didapatkan rt=0,418. Dengan demikian pada taraf signifikan 5% maupun 1% rxy lebih besar dari pada rt yang berarti adanya pengaruh positif antara Metode menyanyi terhadap motivasi beajar PAI di SDN 01 Rowosari Limpung Batang.