Daftar Isi:
  • Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul oleh adanya rangsangan dari dalam maupun dari luar sehingga seseorang berkeinginan untuk mengadakan perubahan tingkah laku atau aktivitas tertentu lebih baik dari keadaan sebelumnya. Motivasi juga merupakan suatu dorongan yang terjadi pada diri manusia yang menyebabkan suatu perubahan energi untuk melakukan sesuatu guna mencapai suatu tujuan maupun cita-cita. Sebagaimana yang terjadi pada remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C di Desa Kwayangan, mereka termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya melalui pendidikan kesetaraan paket C. Pendidikan kesetaraan paket C adalah program pendidikan menengah pada jalur nonformal setara SMA/MA bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau berminat dan memilih Pendidikan kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan menengah. Sasaran program paket C adalah masyarakat lulusan paket B, siswa atau siswi lulusan SMP/MTS, dan masyarakat yang putus sekolah SMA/MA. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana motivasi remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C ?, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi remaja putus dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C ?, serta bagaimana bentuk pendidikan kesetaran paket C yang ditempuh remaja putus sekolah di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan motivasi remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C, dan untuk mendiskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi remaja putus sekolah dalam menempuh pendidikan kesetaraan paket C, serta untuk mendeskripsikan bentuk dan pelaksanaan pendidikan kesetaraan paket C yang ditempuh remaja putus sekolah di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah kegunaan teoretis, antara lain: penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan sumber pemikiran terkait dengan motivasi seseorang atau remaja putus sekolah dalam melanjutkan pendidikannya kembali, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan berguna untuk kehidupan sekarang dan yang akan datang. Kegunaan praktis, diantaranya: penelitian ini diharapkan mampu memberikan motivasi bagi remaja putus sekolah lainnya untuk dapat melanjutkan pendidikannya kembali, untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan terdapat para remaja putus sekolah yang menempuh pendidikan kesetaraan paket C. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasinya di Desa Kwayangan Kedungwuni Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif.