TURN BASED STRATEGY GAME MENGGUNAKAN ALGORITMA RESOURCE ASSIGNMENT PADA PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID

Main Authors: Widiastuti, Nelly Indriani, Utomo, Riandanu Madi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Teknik Informatika - Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) , 2015
Online Access: https://search.unikom.ac.id/index.php/komputa/article/view/89
https://search.unikom.ac.id/index.php/komputa/article/view/89/86
Daftar Isi:
  • Turn-based strategy (TBS) game adalah turunandari game dengan genre strategi dimana pemainnyasaling bergiliran pada pengambilan keputusannyadalam bermain. Pada game jenis ini, player dapatmemainkan oleh satu pemain saja (single player)sedangkan lawannya adalah komputer atau istilahlainnya disebut Non Playable Character (NPC).Berdasarkan kebutuhan tersebut, maka perluditerapkan NPC atau program yang memilikiArtificial Intelegence (AI). Peran NPC tersebutberfungsi untuk menggantikan peran manusia dalammenjadi teman atau musuh dari pemain pada sebuahgame. NPC tersebut pada game TBS harus memilikikemampuan berfikir dan berstrategi secara logis.Untuk memunculkan kemampuan tersebut, NPCharus dapat memperhitungkan kondisi yangdialaminya sebagai dasar keputusan yang akandiambil. Resource Assigment Algorithm (RAA)dipilih untuk menyelesaikan masalah tersebut,karena algoritma RAA mempunyai kemampuanuntuk menghasilkan sebuah nilai berdasarkanbeberapa nilai yang ada dengan diurutkanmenggunakan skala prioritas [2]. Game TBS padaperangkat mobile masih jarang, sehinggapenempatan game ini pada perangkat mobile dipilihagar game ini dapat dimainkan dimana saja dankapan saja.