MENINGKATKAN CITRA KABUPATEN GARUT MELALUI PLACE BRANDING SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENGUNJUNGI DESTINASI PARIWISATA

Main Authors: Utrasih, Henny, Lestari, Fitri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia , 2017
Online Access: https://search.unikom.ac.id/index.php/jurisma/article/view/456
https://search.unikom.ac.id/index.php/jurisma/article/view/456/1172
Daftar Isi:
  • The purposes of the research are: (1) to know the idea of place branding, (2) to know the idea of the decision to visit a tourism attraction, (3) to know the influence of place branding upon the decision to visit a tourism attraction.  The object of the research is the domestic tourists who visit one of twenty nine tourism attractions in Garut. The method used in this research is verified descriptive. The data source used in this research is primary and secondary. From the total population of 2.442.147 people, the researcher takes the sample of a hundred people. The probability sampling, especially cluster sampling, is a sampling technique that the researcher chooses. The data collection technique is held through interview, observation, questionnaire, and literature study. To scale how much the influence of place branding upon the decision to visit a tourism attraction, the researcher uses the data analysis technique of path by using software SPSS 18. keyword:  place branding, Garut, destination
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) gambaran place branding; 2) gambaran citra 3) gambaran keputusan mengnjungi; 4) pengaruh place branding terhadap citra 5) pengaruh citra terhadap keputusan mengunjungi 6) pengaruh place branding terhadap keputusan mengnjungi destinasi 7) pengaruh place branding terhadap citra serta dampaknya terhadap keputusan mengunjungi destinasi. Objek dari penelitian ini adalah Wisatawan Nusantara (wisnus) yang mengunjungi 29 destinasi pariwisata di Kabupaten Garut. Adapun metode penelitiannya menggunakan deskriptif verifikatif. Sumber data yang dipergunakan  adalah primer dan sekunder. Dari populasi 2.442.147 orang, diambil sampel penelitian sejumlah 100 orang. Probability Sampling, khususnya Cluster Sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang penulis pilih. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Untuk mengukur besarnya pengaruh place branding terhadap keputusan mengunjungi, digunakan teknik analisis data path (analisis jalur) dengan menggunakan software SPSS 18. Kata kunci: place branding, Kabupaten Garut,