PENGGUNAAN INTERJEKSI (KANDOUSHI) DALAM WEBTOON BITAASUITO NA JINSEI

Main Author: Hariyana, Anggi Siska
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Sastra Jepang, Universitas Komputer Indonesia Bandung , 2019
Online Access: https://search.unikom.ac.id/index.php/janarusaja/article/view/3590
https://search.unikom.ac.id/index.php/janarusaja/article/view/3590/2041
Daftar Isi:
  • Abstract The purpose of this research is (1) to find out  the form of usage interjection (kandoushi) such as greeting’s form (aisatsugo), impression’s form (kandou), and response’s form (outou) in Webtoon comic translation of Bitaasuito na Jinsei in 1-2 episodes. (2) to describe the use of interjection (kandoushi) based on the context of the speaker’s situation as a   pragmatic studies. This research uses descriptive method. The form of this study indicate that there are 21 interjection (kandoushi) data is used. The most often used is the impression’s form of kandoushi such as “a”.”aaa”. and “e-“,this illustrate that people more often use kandoushi when shocked and unexpected situations. Keywords : Pragmatic, Interjection, Kandoushi, Webtoon Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk penggunaan Interjeksi (Kandoushi) seperti kandoushi yang menyatakan aisatsugo,perasaan (kandou),dan jawaban(outou) yang terdapat dalam komik Webtoon terjemahan Bitaasuito na Jinsei dalam episode 1-2. (2) mendeskripsikan penggunaan interjeksi (kandoushi) berdasarkan konteks situasi penutur sebagai kajian pragmatik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pengambilan data dilakukan dengan teknik mencatat. Data dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada sebanyak 21 data interjeksi (kandoushi) yang digunakan. Yang paling sering digunakan adalah kandoushi perasaan berupa keterkejutan seperti “a”, “aaa”, dan “e-“ hal ini menggambarkan bahwa orang-orang lebih sering menggunakan kandoushi pada saat keadaan terkejut dan dalam situasi tak terduga. Kata Kunci : Pragmatik, Interjeksi, Kandoushi, Webtoon