Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat pada Kantor Desa Tanimulya Kabupaten Bandung Barat
Main Authors: | Riady, Ivan, Hasugian, Leonardi Paris |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia
, 2020
|
Online Access: |
https://search.unikom.ac.id/index.php/jamika/article/view/2885 https://search.unikom.ac.id/index.php/jamika/article/view/2885/1870 |
Daftar Isi:
- Peran sebuah kantor desa dalam wilayah pedesaan merupakan hal yang penting dalam pelayanan masyarakat terutama yang berhubungan dengan administratif. Saat ini proses administratif masyarakat di Kantor Desa Tanimulya seperti pembuatan berbagai surat pengantar/keterangan masih dilakukan secara konvensional dan tidak terorganisir, sehingga seringkali terjadi antrian yang menumpuk di Kantor Desa Tanimulya. Warga Desa Tanimulya juga seringkali mengeluhkan sulitnya melakukan pelaporan dan pengaduan terhadap berbagai hal atau memberikan saran untuk kemajuan desa. Selain itu, tidak adanya media informasi yang mudah diakses oleh warga menyebabkan warga kesulitan dalam mengakses informasi atau berita penting yang dikeluarkan oleh Kantor Desa Tanimulya. Untuk itu Penulis mengemukakan bagaimana merancang dan membangun sistem informasi pelayanan masyarakat Desa Tanimulya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Penulis melakuan pengumpulan data primer dan sekunder, menganalisis data, merancang dan membangun menggunakan model prototipe dengan alat bantu Unified Modelling Language, menguji menggunakan metode black box, dan mengimplementasikan secara menyeluruh. Alhasil sistem informasi yang dibangun berbasis website dalam jaringan internet melibatkan masyarakat, ketua RT, ketua RW, staf dan kepala Desa Tanimulya. Dengan adanya sistem informasi tersebut mampu mengefisiensikan pelayanan administratif masyarakat dan mengefektifikan distribusi informasi kepada masyarakat Desa Tanimulya.