PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Main Authors: Panjaitan, Dertaida, Setyorini, Retno
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia , 2020
Online Access: https://search.unikom.ac.id/index.php/jurisma/article/view/2772
https://search.unikom.ac.id/index.php/jurisma/article/view/2772/1968
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada digital payment OVO di Kota Bandung. Dengan adanya fenomena yang terjadi pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh digital payment OVO yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna OVO di Kota Bandung. Diantaranya yaitu keluhan terhadap aplikasi OVO yang error, penanganan masalah yang tidak direspon dengan cepat oleh pihak yang terkait, points yang tidak bisa digunakan oleh pengguna dan masalah-masalah lainnya yang mempengaruhi pengguna OVO. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif kausal, skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran mempengaruhi variabel loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada digital payment OVO di Kota Bandung. Hal ini disebabkan karena kedua variabel struktural yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan dengan nilai to sebesar 4,880> nilai tα 1,661.                                                                                                                        Kata kunci: Strategi pemasaran, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.
  • This research was conducted to determine the effect of marketing strategies on customer loyalty through customer satisfaction on digital payment OVO in Bandung. Among them are complaints about OVO application errors, handling problems that are not responded quickly by the parties concerned, points that cannot be used by users and other problems that affect OVO users. The research method used is quantitative method with the type of research is causal descriptive, the measurement scale used is the Likert scale. Data analysis method used in this study is Structural Equation Modeling. Data processing is performed using SmartPLS. The results of the study indicate that the marketing strategy influences the customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable in OVO digital payment in the city of Bandung. This is due to the two structural variables that influence significantly on customer loyalty.   Keywords: marketing strategy, customer satisfaction, customer loyalty