PENGARUH KEPRIBADIAN DAN HARGA TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK NOVEL DI TOKO BUKU BANDUNG BOOK CENTER WILAYAH BANDUNG
Main Authors: | Wahdiniwaty, Rahma, Susilawati, Erna |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Magister Manajemen Unikom
, 2017
|
Online Access: |
http://search.unikom.ac.id/index.php/jimm/article/view/201 http://search.unikom.ac.id/index.php/jimm/article/view/201/189 |
Daftar Isi:
- Persaingan didunia bisnis pada era globalisasi yang begitu ketat mendorong paramarketer untuk terus berupaya mencari strategy untuk meningkatkan penjualannya. Salah satuupaya yang dilakukan adalah dengan mempelajari perilaku konsumen yang erat kaitannyadengan kepribadian konsumen dan keputusan pembelian konsumen yang tidak terencana sertafaktor-faktor yag mempengaruhinya diantaranya harga.Penelitian ini dilakukan pada 161 pelanggan Bandung Book Center, wilayah Bandungyang membeli novel. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepribadianextrovert, introvert dan harga terhadap impulse buying. Metode yang digunakan dalampenelitian ini menggunakan analisis deskriptif varifikatif, dimana olah datanya menggunakanSEM (System Equation Model) dengan menggunalakn Lisrel 8.8.Kepribadian konsmen pada pembelian produk novel di Bandung Book Center wilayahBandung paling banyak adalah pelanggan yang memiliki kepribadian ekstrovert sebanyak(68,91%) yang tergolong dalam kategori extrovert. Konsumen menyatakan bahwa harga produknovel novel di Bandung Book Center wilayah Bandung, cukup terjangkau dan harganya cukupsesuai dengan presentase sebesar 53,12%.Impulse Buying konsumen dalam pembelian produk novel di Bandung Book Centerwilayah Bandung menduduki kriteria cukup impulsif sebesar 62,79%. Tidak terdapat hubunganyang signifikan antara kepribadian introvert, extrovert terhadap harga produk novel di TokoBuku Bandung Book Center. Sedangkan hubungan kerpribadian extrovert terhadap keribadianintrovert memiliki hubungan yang negatif sebesar -0.21, karena sejalan dengan karakteristikkeduanya yang saling bertolak belakang,dimana jika extrovert nilainya naik maka introvert akanturun.Kata Kunci: ekstrovert, introvert, harga dan impulse buyingABSTRACTThe Business competition in the era of globalization that increasingly tight, thatencouraged the marketer to constantly strive for seeking strategies to increase their sales. Oneof their effort is studying consumer behavior that related to personality and cusomers decisionas well as impulse buying and its factors, one of them is price.This research was conducted on 161 customers in Bandung Book Center, Bandungregion, who bought the novel. The purpose of this research was analyzed the influence ofextrovert - introvert personality and price on impulse buying. The Methods that used in thisresearch is descriptive analysis, while the data analysis using SEM (System Equation models)by Lisrel 8.8.he purchase of the novel in Bandung Book Centeris Extrovert about 68,91% that occupying extrovert criteria . Consumer states that novel pricein Bandung Book Center, Bandung region are quite affordable and the price is quiteappropriate with percentage about 53,12%.The consumers impulse buying of novel in Bandung Book Center, Bandung regionoccupying quite impulsive criteria about 62,79%. .There was no significant correlation betweenthe introvert and extrovert personality towards the price of novel in Bandung Book Center.While the correlation between extrovert personality and introvert personality has a negativecorrelation about -0.21, it is as in line with the characteristics of them that contradictory,whereas if the value of extrovert personality is increase, so the value of introvert personalitywill decrease.Key words: Ekstrovert, Introvert, price and impulse buying.