PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS TOKO BAHAN BANGUNAN RETAILER CAT TEMBOK SLX DI WILAYAH BANDUNG
Main Authors: | Soegoto, Herman S, barito, wildan syahreza |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Magister Manajemen Unikom
, 2015
|
Online Access: |
http://search.unikom.ac.id/index.php/jimm/article/view/200 http://search.unikom.ac.id/index.php/jimm/article/view/200/188 |
Daftar Isi:
- Dalam meningkatkan layanan kepada nasabah, BNI dengan kesadarannya membangun fasilitas E-Banking. Bagi perbankan, pengembangan E-Banking tidak hanya sekedar mengikutitrend kebutuhan nasabah yang makin mobile, tetapi mengejar tujuan lain yang juga strategis seperti menurunkan biaya dana (cost of fund), meningkat efisiensi dan memperoleh pendapat komisi (fee base income).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitasE-Banking yang terdiri dari memahami harapan nasabah dan kerjasama dengan nasabah PT.BNI Cabang JPK Bandung serta untuk mengetahui kepuasan nasabah serta implikasinyaterhadap loyalitas nasabah PT. BNI Cabang JPK Bandung.Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori-teori E-Banking, memahami harapannasabah, kerjasama dengan nasabah, kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah. Jenis penelitianadalah deskriptif kuantitatif dan sifat dari penelitian adalah descriptive explanatory. Metodepengumpulan data adalah daftar pertanyaan, wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisisdata yang digunakan Indeks Pengkategorian Variabel, Koefisien Determinasi (R2), UjiSerempak (uji F) dan Uji Partial (uji t).Populasi adalah nasabah PT. BNI Cabang JPK Bandung yang berjumlah 194.753 orangnasabah, sampel diambil secara aksidental sampling yaitu seseorang diambil sebagai sampelkarena kebetulan berada di penelitian, peneliti tidak mempunyai pertimbangan lain kecualiberdasarkan kemudahan saja.Hasil penelitian yang didapat melalui perhitungan indek pengkategorian variable yaitumemahami harapan nasabah, kerjasama dengan nasabah, kepuasan dan loyalitas nasabahberada pada interpretasi tinggi dimana PT. BNI Cabang JPK Bandung telah memahami harapannasabah, selalu bersikap ramah dalam keluhan dari nasabah, mempunyai kompetensi daninformasi yang diberikan sehingga nasabah merasa puas, dan nasabah selalu menggunakanproduk yang ditawarkan oleh BNI yang merupakan loyalitas dari nasabah. Untuk uji serempakpada hipotesis pertama bahwa X1 yaitu memahami harapan nasabah dan X 2 yaitu kerjasamadengan nasabah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji partialpada hipotesis kedua kepuasan nasabah berpengaruh positif terhadap peningkatan loyalitasnasabah pada PT. BNI Cabang JPK Bandung.