Tinjauan Sensory Branding dan Psikologi Desain Kedai Kopi Kekinian Terhadap Perilaku Konsumen
Main Author: | Aryani, Dewi Isma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Desain Interior Unikom
, 2019
|
Online Access: |
https://search.unikom.ac.id/index.php/wacaciptaruang/article/view/1436 https://search.unikom.ac.id/index.php/wacaciptaruang/article/view/1436/1135 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT In the retail field, branding innovation is done by sensory branding supported by the application of appropriate design psychology. Sensory branding utilizes the human senses to provide visitors with emotional experiences that can be achieved through materials, color schemes, lighting, window displays, and product displays in stores. The sensory branding that will be studied is primarily related to the sense of sight and taste. Whereas in terms of design psychology, it will be assessed based on what the visitor feels and the social interactivity tendencies of the people in it. Therefore, through this research will be presented the findings of sensory branding and design psychology elements in Mojo Coffee as a case study, especially those relating to the image of the branding of shop interiors, design styles, interior elements, and visual merchandising. Keywords: cafe, design psychology, sensory branding
- ABSTRAK Dalam bidang ritel, inovasi branding dilakukan dengan sensory branding ditunjang dengan penerapan psikologi desain yang sesuai. Sensory branding memanfaatkan indera manusia dalam memberi pengalaman emosional pada pengunjung yang dapat dicapai melalui material, skema warna, pencahayaan, window display, dan product display pada toko. Sensory branding yang akan dikaji terutama yang berkaitan dengan indera penglihatan dan pengecap/ perasa. Sedangkan dalam hal psikologi desain akan dikaji berdasarkan apa yang dirasakan pengunjung dan kecenderungan interaktivitas sosial manusia yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, melalui penelitian ini akan dipaparkan temuan sensory branding dan unsur psikologi desain yang ada pada Mojo Coffee sebagai studi kasus, terutama hal yang berkaitan dengan citra dari branding interior toko, gaya desain, elemen interior, dan visual merchandising. Kata Kunci: kafe, psikologi desain, sensory branding