INTEGRASI PENERAPAN KONSEP CRM PADA BISNIS KULINER

Main Authors: Yustim, Benny, HARIYANTO, BUDI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2015
Online Access: https://search.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/125
https://search.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/125/122
Daftar Isi:
  • Pelayanan kepada pelanggan memegang peranan penting dalam memajukan perusahaan sehingga peningkatan pelayanan harus dilakukan secara tepat agar proses layanan dapat berjalan secara optimal. Maka dari itu, jika pela-yanan kepada pelanggan kurang memuaskan maka akan merugikan bagi pe-rusahaan itu sendiri maupun para pelanggan. Kesulitan dalam mempertahankan keberadaan pelanggan yang loyal dan meningkatkan jumlah pelannggan baru meupakan tantangan sendiri dalam mempertahankan bisnis kuliner. Integrasi konsep Customer Relationship Management (CRM) dengan memanfaatkan platform web dan mobile. Diharapkan hal ini dapat memberikan berbagai kemudahan dalam menjalin komunikasi yang terus-menerus dengan pelanggan. Implementasi konsep CRM dengan memanfaatkan berbagai platform diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan pelanggan dan perusahaan serta memberikan kemudahan dalam proses peningkatan pelayanan sehingga menjadi media informasi kepada pelanggan dengan biaya yang relatif lebih murah.Keywords : Customer Relationship Management (CRM), Web, SMS