Mengajarkan Critical Thinking untuk Mahasiswa Jenjang S1 dalam Memecahkan Masalah

Main Author: Andriani, Diana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI)
Online Access: http://search.unikom.ac.id/index.php/jati/article/view/102
http://search.unikom.ac.id/index.php/jati/article/view/102/98
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan ini untuk menganalisis peningkatan kemampuanberpikir kritis matematis dengan metode critical thinking pada lima topik yangdiberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimendengan analisis data menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t. Populasiterjangkau pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas SI-5 dan kelasSI-6 jurusan Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia. Sampelpenelitian diperoleh melalui teknik random sampling, yaitu teknik pengumpulansampel secara acak. Pengujian persyaratan analisis data terdiri dari ujinormalitas dengan metode uji Liliefors dan uji homogenitas dengan metode ujiBarltlet. Berdasarkan hasil pengujian persyaratan analisis data disimpulkanbahwa kedua kelompok data berdistribusi normal dan homogen. Instrumenvariabel kemampuan berpikir kritis adalah kasus-kasus dari topik yang dipilihdan dilihat juga parameter lain seperti pengetahuan, critical spirit, dan reasonassesment. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data maka dapatdisimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang diajar denganmetode critical thinking lebih tinggi dari pada dengan metode konvensional.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dalam upaya meningkatkan kemampuanberpikir kritis mahasiswa sebaiknya dosen menggunakan metode criticalthinking