PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN BANGSA CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Main Author: Hariyanto, NIM: 09.261.015
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://digilib.uin-suka.ac.id/6823/1/BAB%20I%2CIV.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/6823/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/6823/
Daftar Isi:
  • Pendidikan Multikultural beberapa tahun terakhir telah menjadi diskusi menarik khususnya dalam sistem pendidikan Indonesia, bukan karena wacana ini muncul dari pendidikan barat. Namun lebih dari pada itu semua, pendidikan multikultural dalam konteks ke-Indonesia-an menjadi sangat penting, setidaknya sebagai solusi alternatif terhadap berbagai bentuk perilaku tindak kejahatan kemanusiaan yang dilatar belakangi oleh perbedaan kelompok, ras, etnik, agama, budaya. Selama ini salah satu solusi untuk meredakan terjadinya konflik adalah dengan upaya dialog diatara kelompok-kelompok yang berbeda, tetapi ironisnya bukan solusi yang dihasilkan melainkan bertambahnya perilaku - perilaku kekerasan. Pendidikan multikultural untuk anak usia dini dihadirkan untuk memberikan corak warna alternatif solusi lain untuk membangun watak dan karakter bangsa dengan upaya membentuk, membiasakan, menanamkan perilaku saling meghormati menghargai, toleran sejak sedini mungkin terhadap seluruh bentuk perbedaan yang ada dilingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran tentang; 1). Bagaimana penyelenggaraan pendidikan multikultural pada anak usia dini. 2). Bagaimanakah dampak penyelenggaraan pendidikan multikultural terhadap perilaku anak di TK Harapan Bangsa. Penelitian kualitatif ini mengunakan pendekatan deskriptif. Dengan metode ini diharapkan dapat diperoleh pemahaman dan penafsiran yang mendalam mengenai makna dari kenyataan dan fakta yang relevan. Dengan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penyelengaraan pendidikan multikultural pada anak usia diselenggarakan dengan pendekatan orientasi kurikulum, pendekatan sistem pembelajaran, pembelajaran berbasis sentra-sentra kegiatan, dan penanaman nilai-nilai perilaku positif kepada anak. 2). Dampak penyelenggaraan pendidikan multikultural terhadap perilaku anak di TK Harapan Bangsa tercermin dengan terbentuknya anak menjadi pribadi yang toleran, Anak belajar untuk memahami dan mengerti bagaimana seharusnya berperilaku dan memperlakukan teman-temannya walaupun mereka dalam kondisi latar belakang, ras, etnis, budaya, dan agama yang berbeda, anak terlatih untuk memiliki pemahaman yang baik tentang multikultural, Anak mampu mengendalikan diri.