PERAN GURU PAI DALAM PENINGKATAN AKHLAK SISWA SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN JAWA TENGAH
Main Author: | Siti Kustiyah, NIM.: 07470029 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58327/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58327/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58327/ |
Daftar Isi:
- Di era globalisasi sekarang ini, bangsa Indonesia sedang mengalami sebuah perubahan yang besar di segala sektor, termasuk di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat. Berkat kemajuan teknologi informasi seperti televisi, komputer, internet, dan media elektronik lainnya mengakibatkan bangsa Indonesia dapat dengan mudah mengakses informasi baik dari dalam maupun dari luar negeri. Kemajuan teknologi ini mempunyai dampak yang baik dan buruk bagi para remaja khususnya para pelajar, terjadinya perbuatan yang melanggar norma agama bagi remaja banyak dipengaruhi dari kemajuan teknologi pada sekarang ini seperti terjadinya sex bebas, premanisme dan praktek perjudian. Penulis meneliti peran guru agama karena peran seorang guru agama sangat komplek dalam pembinaan akhlak di sekolah selain itu penelitian ini akan menambah wacana penulis dalam mengaplikasikan keilmuan. Penulis tertarik dengan penelitian ini karena banyaknya kasus bagi remaja pelajar di SMK. Metode yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian untuk menghasilkan data deskriptif baik yang berupa katakata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati’. Peneliti menggunakan metode wawancara, angket, dokumentasi. Untuk mendukung penelitian penulis, maka sasaran untuk mendapatkan data yaitu guru PAI, guru BK, Waka ke- Islaman, siswa dan kepala sekolah. Hasil penulis dalam penelitian yaitu peran guru PAI SMK Muhammadiyah Delanggu berperan sebagai pembimbing, konselor, supervisor, motivator dan fasilitator. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam bidang PAI dalam memberikan layanan khususnya terhadap siswa. Penelitian yang penulis lakukan ini bisa menjadi tambahan rujukan bagi guru dan lembaga terkait dalam mencari alternatif peningkatan akhlak siswa di sekolah. Menjadikan arahan dan pertimbangan positif dalam mengantisipasi dan menghindarkan kegagalan pendidikan khususnya pendidikan formal akibat pengaruh lingkungan yang tidak mendukung dalam pembentukan akhlaqul karimah. Dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan di bidang agama Islam bagi penulis kuhusunya dalam peningkatan akhlak bagi siswa.