PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANGUNTAPAN BANTUL

Main Author: Nurul Hidayati, NIM.: 04410799-03
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57161/1/04410799-03%20-BAB%20I%20DAN%20BAB%20PENUTUP.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57161/2/04410799-03%20-%20BAB%20II%20SAMPAI%20BAB%20III.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57161/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan quantum learning dalam pembelajaran Akhlak di MTs N Gondowulung banguntapan Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksaaan pembelajaran Akhlak di MTs N Gondowulung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs N Gondowulung Banguntapan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, pengamatan (observasi) pembelajaran, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian manunjukkan : (1) Pelaksanaan pembelajaran Pembelakjaran Akhlak di MTs N Gondowulung menggunakan acuan Kurikulum KTSP MTs Negeri Gondowulung Tahun 2008. Dalam Kurikulum KTSP MTs Negeri Gondowulung, pembalajaran Akhlak digabung menjadi satu rumpun mata pelajaran sendiri yaitu Mata Pelajaran Aqidah-Akhlak. Dalam Proses pembelajaran baik dalam melakukan proses persiapan, pelaksanaan maupun evaluasi para guru pelajaran Akhlak menggunakan dasar Standar kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator pencapaian dari Kurikulum KTSP MTs Negeri Gondowulung. Adapun guru yang mengajar Akhlak di MTs N Gondowulung yaitu Dra. Wahyu Haryati, Hj. Hariyani, S.Pd., A. Karim, S.Ag, Uswatun Khasanah, S.Pd.I. (2) Pelaksanaan quantum learning dalam pembelajaran akhlak di MTs Negeri Gondowulung berjalan cukup baik, beberapa pendekatan yang dilakukan meliputi; (a) Memberikan Sugesti Positif Dalam Pembelajaran (b) Belajar secara holistik (menyeluruh) (c) Memberikan kemudahan dan suasana yang menyenangkan (d) Menciptakan lingkungan yang kondusif dalam pembelajaran (e) Menarik minat bagi siswa mengikuti pembelajaran (f) Menyajikan materi yang relevan. Adapun hasil pelaksaan quantum learning dalam pembelajaran Akhlak di MTs N Gondowulung berdampak baik bagi proses pembelajaran dan nilai ulangan harian siswa, hal ini dapat dilihat dari; (a) Rencana Pelaksaaan Pembelajaran yang cukup baik dengan variasi metode dan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan mengaktifkan siswa (b) Pelaksaan pembelajaran yang mampu membuat kesan menyenangkan bagi siswa serta pastisipasi yang tinggi dari siswa dalam mengikuti pelajaran. (c) Pendekatan quantum learning dapat dilakukan dalam pembelajaran akhlak dan berpengaruh terhadap jalannya suasana proses pembelajaran. (d) Nilai ujian tertulis, yang cukup baik pada ulangan bab pokok bahasan pertama Semester II/Genap.