IMPLEMENTASI STRATEGI KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV MI NURUL ISLAM KAWEDUSAN KEBUMEN

Main Author: Nur Azizah Salsabila, NIM.: 18104080046
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56423/1/18104080046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56423/2/18104080046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56423/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi strategi KWL dalam proses kegiatan pembelajaran membaca pemahaman dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan mengimplementasikan strategi KWL pada siswa kelas IV Nurul Islam Kawedusan Kebumen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi observasi aktivasi siswa selama proses pembelajaran di kelas, hasil prestasi belajar siswa yang diberikan pada setiap akhir siklus, hasil wawancara dengan siswa dan guru serta dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu: (1) adanya peningkatan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, (2) adanya peningkatan prestasi belajar membaca pemahaman siswa dengan meningkatnya prestasi di atas KKM 70. Hasil penelitian ini dari evaluasi hasil belajar membaca pemahaman menunjukkan pada siklus I persentase ketuntasan siswa mencapai 56,67% dan persentase aktivitas siswa mencapai 66,45% dengan kualifikasi kurang. Pada siklus II persentase ketuntasan siswa 76,67% dan pertentase aktivitas siswa mencapai 78,75% dengan kualifikasi cukup. Hasil pelaksanaan penelitian pada siklus III, persentase ketuntasan siswa mencapai 86,67% dan persentase aktivitas siswa mencapai 85,41% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil tersebut terdapat adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui strategi KWL.