URGENSI BAHASA ARAB DALAM PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Main Authors: Khairunnisa Etika Sari, -, Fadlan Agustina Firdaus, -
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Idea Press , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55729/1/URGENSI%20BAHASA%20ARAB%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20DI%20PROGRAM%20STUDI%20ILMU%20PERPUST.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55729/2/surat-surat-pernyataan1675066302.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55729/
Daftar Isi:
  • Kemampuan dalam berbahasa Arab menjadi sebuah keterampilan khas yang seharusnya dimiliki oleh lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan berlaku untuk semua program studi, termasuk Ilmu Perpustakaan. Mahasiswa lulusan dari program studi Ilmu Perpustakaan ini, diharuskan memiliki kompetensi dasar yaitu dapat membaca tulisan berbahasa arab dan mengenal beberapa mufrodat (kosa kata bahasa Arab), yang akan membantu dalam menemukan informasi yang dibutuhkan oleh user dari koleksi berbahasa Arab. Kemampuan mahasiswa Ilmu Perpustakaan untuk memahami pembelajaran bahasa Arab tidaklah sama, dikarenakan different educational background antar mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa metode yang dapat mempermudah mahasiswa Ilmu Perpustakaan dalam pemahaman pembelajaran bahasa Arab menurut Prof. Dr. H. Syihabudin Qalyubi, yaitu : melakukan uji kompetensi awal, mengenalkan bacaan berbahasa Arab melalui Al-Qur’an, memberikan mufrodat yang berhubungan dengan perpustakaan, mengenalkan dan mengajarkan cara menggunakan kamus berbahasa Arab.