UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA “MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL” DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA PADA SISWA KELAS IV MIN JURANGJERO, KECAMATAN NGAWEN GUNUNGKIDUL

Main Author: Kaminem, NIM.: 09481087
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55375/1/BBRT44~A.PDF
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55375/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55375/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah siswa belum bisa diajak berfikir secara abstrak dalam menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Sehingga diperlukan sebuah media untuk mengkonkritkan materi tersebut. Kondisi ini berpengaruh pada prestasi siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan pola pikir siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIN Jurangjero Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subyek kelas IV MIN Jurangjero Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Fokus penelitian adalah Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika “Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil” dengan media kartu angka pada siswa kelas IV MIN Jurangjero, Kecamatan Ngawen Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah data kualitatif yang dianalisa dengan kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan : (1) tahap-tahap implementasi penggunaan kartu angka dapat dilaksanakan sesuai dengan teori yang digunakan. (2) pada saat pembelajaran guru lebih kreatif, sehingga siswa lebih semangat dan merasa senang. Hal ini tampak pada nilai rata-rata kelas yang terus meningkat. Pada pre-test nilai rata-rata kelas 58, 64, sedang nilai rata-rata kelas pada akhir tindakan siklus I adalah 63,73, sedangkan rata-rata kelas pada post-test adalah 71,45. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mulai dari awal sebelum tindakan (pretest) hingga sesudah tindakan (post-test) mengalami peningkatan sebesar 12,81 yaitu dari nilai rata-rata kelas 58,64 menjadi 71,45. (3) persentase ketercapaian KKM oleh siswa adalah 54,4% pada pre-test, pada siklus I 63,6%, pada siklus II 81,9% dan pada post-test 81,8%.