PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA RODA PUTAR PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH SURONANDAN MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA

Main Author: Istiqomah, NIM.: 09411024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55367/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55367/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55367/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah yang berjumlah 14 orang.penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali tindakan.metode pengumpulan data monitoring siswa adalah observasi. Sedangkan data evaluasi dikumpulkan dengan test. Salain itu untuk melengkapi data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian aini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan siswa kelas II, rasa senang, antusias, kerjasama dalam kelompok, dan mengemukakan pendapat. pada aspek motivasi siswa kelas II SD Muhammadiyah Suronandan minggir Sleman pada siklus I sebesar 84,71%, kemudian pada siklus II 82, 19% .sehingga terjadi penigkatan 23,33% .dengan demikian pada aspek motivasi dan keaktifan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.