IMPLEMENTASI STRATEGI INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK DIPONEGORO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

Main Author: Harun Al Rasyid, NIM.: 08470127
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55348/1/BBRT44~A.PDF
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55348/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55348/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dan adanya perbedaan prestasi yang diperoleh setiap siswa kelas XI Pesantren dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai secara maksimal. Oleh karena itu perlu adanya implementasi strategi information search dalam pembelajaran PAI dengan harapan minat dan prestasi belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan penerapan strategi Information Search dalam pembelajaran PAI kelas XI Pesantren di SMK Diponegoro Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012 dan mendeskripsikan peningkatan minat dan prestasi belajar siswa kelas XI Pesantren setelah menerapkan strategi Information Search pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang disebut dengan Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif sederhana untuk membantu dan mengungkap data yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Penerapan strategi information search dalam pembelajaran PAI kelas XI Pesantren di SMK Diponegoro Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2011/ 2012, dapat berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran PAI dengan pokok bahasan menghindari perilaku tercela (pengertian dosa, dosa besar dan cara menghindarinya). Pelaksanaannya dilakukan dalam 3 siklus yaitu siklus I, II dan siklus III, adapun tahapan-tahapan dalam setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari satukali pertemuan. (2) Terjadi peningkatan minat belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Minat belajar siswa pada siklus I sebesar 77.32%, siklus II sebesar 77.69% dan siklus III sebesar 79.84%, dan rata-rata peningkatan minat belajar siswa dari siklus I sampai siklus III adalah sebesar 2.52%, peningkatan ini dapat dikategorikan baik. (3) Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai sikus III. Nilai rata-rara prestasi belajar siswa kelas XI Pesantren dalam pembelajaran PAI di SMK Diponegoro tahun pelajaran 2011/ 2012 pada siklus I sebesar 85, siklus II sebesar 85.17 dan siklus III sebesar 89.35. Hasil prestasi belajar siswa dalam kategori lulus amat baik.