UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN SISWA MELALUI METODE MENDONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI YAPPI KALANGAN

Main Author: Ashari, NIM.: 09481081
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55302/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55302/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55302/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah banyak ditemukanya siswa yang kurang mampu dalam mengungkapkan pendapat, dan perasaannya di depan kelas. Penguasaan empat keterampilan berbahasa cenderung fokus pada keterampilan membaca dan menulis, sehingga ketermapilan berbicara kadang kurang mendapat porsi yang memadai untuk mengembangkan keterampilan berbahasa lisan siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa di MI YAPPI Kalanagan, Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, guru Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes perbuatan/proses Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, kegiatan tindakan dan observasi, dan refleksi. Penilaian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dengan pedoman penilaian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa MI YAPPI Kalangan, dengan peningkatan capaian kriteria ketuntasan minimal kemampuan berbahasa lisan siswa mencapai seratus persen. Siswa berantusias dengan metode mendongeng yang diterapkan oleh guru.