PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”
Main Author: | Rana Ulfa, NIM.: 15430067 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/1/15430067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/2/15430067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/ |
ctrlnum |
55134 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/</relation><title>PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”</title><creator>Rana Ulfa, NIM.: 15430067</creator><subject>Covid-19</subject><subject>Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan keterampilan baik berupa hardskill maupun softskill akan memberikan manfaat yang besar bagi guru maupun anak didik. Terlebih dengan jaman yang semakin berkembang beserta dengan kondisinya yang terus berubah dan terkadang tidak dapat diprediksi (misalnya pandemi), guru harus terus mengembangkan keterampilan diri agar dapat beradaptasi. Seperti yang terjadi pada tahun 2021-2022 ini, dampak wabah pandemi covid-19 dirasa sangat besar mempengaruhi dunia pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19. (2) apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis dilakukan melalui keikutsertaan guru dalam berbagai kegiatan seminar dan pelatihan. (2) Faktor pendukung pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis meliputi informasi kegiatan, minat, dan kebutuhan akan pengetahuan. Faktor penghambat pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis adalah adanya keterbatasan waktu, biaya, dan kemampuan teknologi.</description><date>2022-08-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/1/15430067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/2/15430067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf</identifier><identifier> Rana Ulfa, NIM.: 15430067 (2022) PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>55134</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rana Ulfa, NIM.: 15430067 |
title |
PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19” |
publishDate |
2022 |
topic |
Covid-19 Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah |
url |
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/1/15430067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/2/15430067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan keterampilan baik berupa hardskill maupun softskill akan memberikan manfaat yang besar bagi guru maupun anak didik. Terlebih dengan jaman yang semakin berkembang beserta dengan kondisinya yang terus berubah dan terkadang tidak dapat diprediksi (misalnya pandemi), guru harus terus mengembangkan keterampilan diri agar dapat beradaptasi. Seperti yang terjadi pada tahun 2021-2022 ini, dampak wabah pandemi covid-19 dirasa sangat besar mempengaruhi dunia pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19. (2) apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis dilakukan melalui keikutsertaan guru dalam berbagai kegiatan seminar dan pelatihan. (2) Faktor pendukung pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis meliputi informasi kegiatan, minat, dan kebutuhan akan pengetahuan. Faktor penghambat pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis adalah adanya keterbatasan waktu, biaya, dan kemampuan teknologi. |
id |
IOS2755.55134 |
institution |
UIN Sunan Kalijaga |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
319 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga |
library_id |
261 |
collection |
Digital Library UIN Sunan Kalijaga |
repository_id |
2755 |
subject_area |
Pendidikan Agama Akuntansi Ilmu Sosial dan Humaniora |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS2755 |
first_indexed |
2023-02-24T21:29:31Z |
last_indexed |
2023-02-24T21:29:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765822832741187584 |
score |
17.538404 |