PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”

Main Author: Rana Ulfa, NIM.: 15430067
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/1/15430067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/2/15430067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/
ctrlnum 55134
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/</relation><title>PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN &#x201C;BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19&#x201D;</title><creator>Rana Ulfa, NIM.: 15430067</creator><subject>Covid-19</subject><subject>Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan keterampilan baik berupa hardskill maupun softskill akan memberikan manfaat yang besar bagi guru maupun anak didik. Terlebih dengan jaman yang semakin berkembang beserta dengan kondisinya yang terus berubah dan terkadang tidak dapat diprediksi (misalnya pandemi), guru harus terus mengembangkan keterampilan diri agar dapat beradaptasi. Seperti yang terjadi pada tahun 2021-2022 ini, dampak wabah pandemi covid-19 dirasa sangat besar mempengaruhi dunia pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19. (2) apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19.&#xD; Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Kesimpulan.&#xD; Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis dilakukan melalui keikutsertaan guru dalam berbagai kegiatan seminar dan pelatihan. (2) Faktor pendukung pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis meliputi informasi kegiatan, minat, dan kebutuhan akan pengetahuan. Faktor penghambat pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis adalah adanya keterbatasan waktu, biaya, dan kemampuan teknologi.</description><date>2022-08-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/1/15430067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/2/15430067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf</identifier><identifier> Rana Ulfa, NIM.: 15430067 (2022) PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN &#x201C;BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19&#x201D;. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. </identifier><recordID>55134</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rana Ulfa, NIM.: 15430067
title PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”
publishDate 2022
topic Covid-19
Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
url https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/1/15430067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/2/15430067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan keterampilan baik berupa hardskill maupun softskill akan memberikan manfaat yang besar bagi guru maupun anak didik. Terlebih dengan jaman yang semakin berkembang beserta dengan kondisinya yang terus berubah dan terkadang tidak dapat diprediksi (misalnya pandemi), guru harus terus mengembangkan keterampilan diri agar dapat beradaptasi. Seperti yang terjadi pada tahun 2021-2022 ini, dampak wabah pandemi covid-19 dirasa sangat besar mempengaruhi dunia pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19. (2) apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis dilakukan melalui keikutsertaan guru dalam berbagai kegiatan seminar dan pelatihan. (2) Faktor pendukung pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis meliputi informasi kegiatan, minat, dan kebutuhan akan pengetahuan. Faktor penghambat pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis adalah adanya keterbatasan waktu, biaya, dan kemampuan teknologi.
id IOS2755.55134
institution UIN Sunan Kalijaga
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 319
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
library_id 261
collection Digital Library UIN Sunan Kalijaga
repository_id 2755
subject_area Pendidikan
Agama
Akuntansi
Ilmu Sosial dan Humaniora
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2755
first_indexed 2023-02-24T21:29:31Z
last_indexed 2023-02-24T21:29:31Z
recordtype dc
_version_ 1765822832741187584
score 17.538404